Mudik, Pelindo I Pantau 8 Cabang dan 3 Kawasan Pelabuhan

Mudik, Pelindo I Pantau 8 Cabang dan 3 Kawasan Pelabuhan
Kepadatan di pelabuhan. Ilustrasi Foto: Elfira/Cendrawasih Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I telah melakukan berbagai macam persiapan untuk memperlancar angkutan lebaran 2018.

Pelindo I melakukan pemantauan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yakni Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang.

ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami menjelaskan perseroan terus berupaya meningkatkan kesiapan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik.

Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan yang merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera ini mampu menampung 2.500 orang sudah dilengkapi dengan dua unit garbarata yang semakin memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

Menurut hasil monitoring angkutan lebaran 2017, Pelabuhan Belawan mengalami peningkatan yaitu 3,4 persen mencapai 34.216 penumpang naik dan turun, jika dibandingkan pada lebaran 2016 yang tercatat 33.036 penumpang.

Selain Pelabuhan Belawan, Pelindo 1 juga telah melakukan pembenahan terminal penumpang di Terminal Sri Bintan Pura Pelabuhan Tanjung Pinang yang merupakan terminal penumpang kedua tersibuk di Indonesia.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan barang di pelabuhan, Pelindo I telah mempersiapkan fasilitas pelabuhan, seperti kesiapan dermaga, Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal Sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT).

“Kami juga akan memastikan faktor keamanan dan keselamatannya juga melalui koordinasi dengan pihak regulator (OP/KSOP, Syahbandar, dan pihak kemanan di pelabuhan) mengenai batas izin toleransi kelebihan kapasitas penumpang kapal, sekaligus pengaturan kendaraan dan antisipasi tindakan kriminal," jelas dia.(chi/jpnn)


Pelindo I berupaya meningkatkan kesiapan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News