Mulai Disidang, Mubarak Tolak Dakwaan

Mulai Disidang, Mubarak Tolak Dakwaan
Mulai Disidang, Mubarak Tolak Dakwaan
KAIRO - Akademi Kepolisian Mesir itu dulu bernama Akademi Kepolisian Mubarak. Salah satu penanda betapa digdayanya Hosni Mubarak selama tiga dekade (1981-2001) memerintah Negeri Pharaoh tersebut.

Tapi, ironisnya, tempat yang berlokasi di Kairo itu kemarin (3/8) justru menjadi saksi transformasi status pria 83 tahun tersebut: dari penguasa dengan kekuasaan tak terbatas menjadi pesakitan tanpa daya. Ya, di lokasi yang disulap menjadi ruang sidang sementara itulah Mubarak harus mulai menjalani sidang yang bisa membuat dirinya divonis hukuman mati.

Mubarak didakwa berkonspirasi dalam pembunuhan demonstran selama revolusi 18 hari di Mesir mulai 24 Januari lalu. Buntutnya, 850 demonstran tewas dan Mubarak harus mengundurkan diri pada 11 Februari.

 

Untuk dakwaan itu, ancaman hukumannya adalah penjara 15 tahun hingga hukuman penalti. Presiden ke-4 Mesir tersebut juga didakwa menyalahgunakan kekuasaan untuk memperkaya diri yang ancaman hukumannya 5?15 tahun (daftar para terdakwa dan ancaman hukuman, lihat grafis, Red).

KAIRO - Akademi Kepolisian Mesir itu dulu bernama Akademi Kepolisian Mubarak. Salah satu penanda betapa digdayanya Hosni Mubarak selama tiga dekade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News