Senin, 25 September 2017 – 06:06 WIB

Muliakan Petani, Jokowi Janji Buka 3 Juta Lahan Pertanian

Kamis, 03 Juli 2014 – 22:59 WIB
Muliakan Petani, Jokowi Janji Buka 3 Juta Lahan Pertanian - JPNN.COM

GARUT - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Joko Widodo alias Jokowi berjanji akan membuka tiga juta hektar lahan pertanian baru jika terpilih pada pemilu presiden (pilpres) mendatang. Program itu merupakan bagian dari upayanya untuk memuliakan para petani.

"Jadi kita ini nanti akan buka sawah kurang lebih tiga juta hektar," ujar Jokowi saat berkampanye di Lapangan Kerkov, Garut, Kamis (3/6) malam.

Seperti diketahui, rival Jokowi, capres nomor urut 1 Prabowo Subianto juga memiliki program serupa. Namun bedanya, Prabowo hanya mentargetkan dua juta lahan baru.

Perbedaan lainnya, Jokowi berencana membangun 25 bendungan baru terlebih dahulu sebelum membuka lahan. Sehingga lahan-lahan baru tersebut dipastikan memiliki pengairan yang baik.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan, pembukaan lahan baru diharapkan dapat membawa Indonesia memasuki era swasembada pangan. Jokowi pun menegaskan bahwa pemerintahnya akan memperjuangkan pengurangan impor bahan makanan.

"Kalau kita terus impor nanti yang sengsara petani. Terus kalau yang di sana (negara asing) berhenti ekspor kita mau makan apa? Karena itu petani harus dimuliakan," tandasnya.(dil/jpnn)

 

SHARES
TAGS   pilpres
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini