Mumpung Tuan Rumah Pincang

Mumpung Tuan Rumah Pincang
Rahmad Darmawan. Foto: dok.JPNN

JAYAPURA - Lawatan Persebaya Surabaya ke stadion Mandala, Jayapura, kandang Persipura sore ini (15/4) menjadi ujian pertama skuad asuhan Rahmad Darmawan (RD) usai libur panjang pemilihan legislatif 2014. Poin penuh tengah dibidik Persebaya demi menjaga konsistensinya berada di papan atas grup timur ISL 2014 ini.
    
Kesempatan mencuri angka dari Persipura cukup terbuka lebar bagi Persebaya. Selain tuan rumah harus menjalani jadwal padat di ISL dan Piala AFC, kali tim Mutiara Hitam, sebutan Persipura tidak akan diperkuat tiga pemain andalannya. Mereka yakni, Ian kabes, Gerald Pangkali dan Ruben Sanadi.
    
Ketiganya harus absen setelah mendapat hukuman dari Komisi Disiplin PSSI. Ditambah lagi, Boaz Salossa dkk baru berlatih kembali pada Minggu Sore. "Kami memang punya waktu cukup singkat. Namun, semuanya kami kembalikan kepada pemain untuk menjaga kondisinya masing-masing," ujar Jacksen F Tiago, pelatih Persipura kepada Cendrawasih Pos (JPNN Group).
    
Menghadapi dua event yang sama besar dengan jadwal yang padat sejatinya tidak kali ini saja dihadapi skuad Persipura. Pengalaman beberapa musim sebelumnya menjadi pelajaran berharga Jacksen untuk mempersiapkan strategi terbaiknya demi mengatasi Persebaya.
    
Mengomentari ketiga pemainnya yang tidak bisa turun, Jacksen menjelaskan bahwa dirinya telah dia antisipasi saat TC di Jakarta beberapa waktu lalu. "Tentu berat tanpa mereka (tiga pemain absen, Red). Tetapi dengan persiapan yang kami jalani kami yakin bisa melewati laga besok (hari ini, Red) dengan lancar," terangnya.
    
Pelatih asal Brazil tersebut mengungkapkan kepada pemainnya bahwa meraih satu angka dengan skuad yang "pincang" bisa menjadi capaian yang istimewa baginya. "Soal strategi saya instruksikan untuk disiplin menjaga posisinya masing-masing. Tidak ada man-to-man marking khusus, semua pemain lawan berbahaya," tegasnya.
    
Sementara itu, tim tamu juga tengah dalam ancaman kesulitan. Absennya OK Jhon akibat akumulasi kartu sedikit membuka celah dilini belakang Persebaya. Namun, Ambrizal yang diplot mengisi posisi OK Jhon diharapkan mampu bermain Spartan.

"Target kami jelas, mendapatkan poin dari Jayapura, jangan sampai terpeleset di sana," ujar RD.
    
Celah absennya pemain pilar Persipura ditanggapi dingin oleh mantan pelatih Arema Cronus itu.

"Bagi saya Persipura tidak hanya bergantung dengan mereka (pemain absen, Red), yang lain juga tak kalah hebat. Namun, apapun kondisinya nanti, kami instruksikan pemain untuk menjaga semua pemain Persipura yang masuk ke daerah kami, dilanjutkan menyerang dengan memanfaatkan serangan balik," tandas RD. (nap/JPNN)

Perkiraan Pemain Persebaya v Persipura

Persebaya (4-2-3-1): 12-Fery Rotinsulu (g); 59-Hasim Kipuw, 29-Ambrizal, 4-Ricardo Salampessy, 26-Alfin Tuasalamony; 25-Manahati Lestusen, 11- Dedi Kusnandar; 81-M Ilham, 22-Fandi Eko Utomo, 55-Emmanuel Kenmogne; 10-Greg Nwokolo"
Pelatih: Rahmad Darmawan

Persipura (4-4-2): 1-Yoo Jae-hoon (g); 5-Izaac Wanggai, 28-Andri Ibo, 45-Bio Paulin, 21-Yustinus Pae; 33-Lukas Mandowen, 8-Im Junsik, 11-Imanuel Wanggai, 12-Nelson Alom; 17-Ferinando Pahabol, 86-Boaz Salossa"
Pelatih: Jacksen F Tiago

Live: K-Vision, 15.30 WIB
Stadion: Mandala, Jayapura
Wasit: Hamsir


JAYAPURA - Lawatan Persebaya Surabaya ke stadion Mandala, Jayapura, kandang Persipura sore ini (15/4) menjadi ujian pertama skuad asuhan Rahmad Darmawan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News