Naoto Kan Dilawan Internal Partai

16 Anggota Dewan Mundur

Naoto Kan Dilawan Internal Partai
Naoto Kan Dilawan Internal Partai
TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan, yang baru saja tujuh bulan menjabat, mendapatkan perlawanan dari sekelompok anggota parlemen dari partainya sendiri. Konflik internal tersebut dikhawatirkan akan mengganggu agenda reformasi pemerintah sekaligus mengancam kepemimpinan Kan.

Enam belas anggota majelis rendah (setingkat DPR) loyalis salah satu tokoh penting, yang juga rival Kan di Partai Demokratik Jepang (DPJ), Ichiro Ozawa, meminta agar dikeluarkan dari fraksinya. Mereka menyatakan tidak akan mendukung pemerintah dalam pengambilan kebijakan krusial.

Kelompok "pemberontak" menyatakan ketidaksepahaman mereka dengan lemahnya kepemimpinan Kan dan gagalnya pemerintah memenuhi janji-janji DPJ. Padahal DPJ-lah yang membawa Kan naik ke tampuk pimpinan tertinggi pemerintahan, mengakhiri dominasi kelompok konservatif selama 50 tahun.

Dewan pimpinan partai menolak permintaan ke-16 anggota parlemen tersebut untuk keluar dari fraksi DPJ. Namun langkah mereka memperjelas adanya perpecahan di tubuh partai penguasa saat ini. Survei yang dilakukan Jiji Press menunjukkan bahwa dukungan masyarakat terhadap kabinet turun drastis hingga 17,8 persen.

TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan, yang baru saja tujuh bulan menjabat, mendapatkan perlawanan dari sekelompok anggota parlemen dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News