Nazar Beber Dugaan Korupsi e-KTP

Nazar Beber Dugaan Korupsi e-KTP
Nazar Beber Dugaan Korupsi e-KTP

jpnn.com - JAKARTA - Bekas Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin mengaku menjelaskan soal dugaan korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk Elektronik kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dia menjelaskan, proyek e-KTP termasuk salah satu yang dikomandani bekas Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, yang kini berstatus tersangka dugaan gratifikasi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional, Hambalang.

"Terus ditanya lagi proyek apalagi untuk anggaran ini? Saya jelaskan lagi bahwa yang ini adalah dari fee proyek e-KTP," kata Nazar kepada wartawan di Kantor KPK, Kamis (29/8), usai digarap selama empat hari.

Nazaruddin juga membeberkan yang diduga aktif terlibat dalam proyek itu selain Anas adalah Bendahara Umum Partai Golkar, Setya Novanto.

"Saya bilang yang mengendalikan full e-KTP adalah namanya Novanto sama Anas. Siapa pelaksananya? Ada saya, Andi Saptinus," kata terpidana suap Wisma Atlet SEA Games, Palembang itu.

Tak hanya itu, Nazar juga membeber siapa saja dari kalangan Komisi II DPR yang diduga terlibat. "Pimpinan Komisi II, nama-namanya tanya ke Penyidik KPK biar jelas," kata dia.

Nazar juga membeberkan dugaan keterlibatan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di proyek e-KTP. "Semuanya dijelaskan secara detail (kepada Penyidik KPK). Jadi, kalau Pak Mendagri bilang ngaco biar terbukti sendiri seperti Anas," kata Nazar. (boy/jpnn)


JAKARTA - Bekas Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin mengaku menjelaskan soal dugaan korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk Elektronik kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News