Noda Resmi Pimpin Jepang

Noda Resmi Pimpin Jepang
Noda Resmi Pimpin Jepang
TOKYO - Yoshihiko Noda resmi menjabat perdana menteri (PM) Jepang yang baru. Selasa (30/8) lalu, parlemen dua kamar Jepang memberikan dukungan penuh kepada pemimpin 54 tahun tersebut. Pelantikan pun langsung dihelat.

Kini pengganti Naoto Kan itu pun sibuk membentuk kabinet baru. Sesuai dengan janjinya, Noda bakal memprioritaskan rekonstruksi akibat gempa dan tsunami serta krisis nuklir dalam agenda politiknya. Tetapi, sebagai mantan menteri keuangan, dia tak ingin tinggal diam kala menyaksikan ekonomi Negeri Sakura yang stagnan.

Karena itu, dia menjadwalkan pemulihan ekonomi sesegera mungkin di bawah kepemimpinannya. ÓKita masih punya masalah dengan deflasi dan apresiasi nilai mata uang yen,Ó kata Noda dalam jumpa pers seperti dikutip Agence France-Presse. Nilai yen yang terus meningkat membuat para eksporter Jepang rugi.

Karena itu, dia berharap, kebijakan barunya nanti bisa menstabilkan nilai mata uang yen. Dengan demikian, ekonomi dalam negeri bisa kembali tumbuh pesat. Jika Kan hanya bisa bertahan dalam pemerintahan selama sekitar 15 bulan, Noda berharap bisa memimpin lebih lama.

TOKYO - Yoshihiko Noda resmi menjabat perdana menteri (PM) Jepang yang baru. Selasa (30/8) lalu, parlemen dua kamar Jepang memberikan dukungan penuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News