Novanto Ajak Parlemen Dunia Menjaga Kelestarian Bumi

Novanto Ajak Parlemen Dunia Menjaga Kelestarian Bumi
Ketua DPR RI Setya Novanto pada acara penutupan sidang World Parliamentary Forum on Sustainable Development di Nusa Dua, Bali (7/9/17). Foto: Humas DPR

jpnn.com, NUSA DUA - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Menjelang penutupan sidang World Parliamentary Forum on Sustainable Development di Nusa Dua, Bali (7/9/17), saya mengingatkan pentingnya peran parlemen menjaga Bumi. Satu diantaranya dengan turut aktif mendorong masing-masing negaranya dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

Perubahan iklim dunia terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang cukup panjang, antara 50 – 100 tahun. Namun dampaknya sangat besar bagi kehidupan. Misalnya, mencairnya es di kutub, terutama sekitar Greenland, dapat menyebabkan terjadi penambahan tinggi permukaan laut di dunia.

Berbagai penelitian menunjukan, pada abad ke-20 telah terjadi kenaikan permukaan air laut 20-25 cm. Apabila separuh es Greenland dan Antartika meleleh, maka akan terjadi kenaikan permukaan air laut rata-rata setinggi 6-7 meter. Hal ini dapat menyebabkan terendamnya daratan yang merupakan habitat mahluk hidup, serta menggangu keseimbangan ekosistem.

Hasil penelitian NASA menunjukkan, bahwa pemanasan dalam beberapa dekade terakhir telah keluar dari batas yang seharusnya. Misalnya, pada tahun 2016, suhu rata-rata Bumi mencapai 1,38 derajat celcius, mendekati batas 1,5 derajat celcius yang telah disetujui dalam kesepakatan iklim di Paris 2015.

Kebijakan dunia dalam mengatasi dampak perubahan iklim harus mencerminkan keseimbangan dan keadilan, serta tidak menghambat pembangunan negara berkembang. Karena itu, saya mendorong Ratifikasi Doha Amandemen harus segera dilakukan di berbagai negara. Dengan demikian bisa melanjutkan Protokol Kyoto dan merealisasikan komitmen pendanaan perubahan iklim sebesar USD 100 miliar pada tahun 2020. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan negara berkembang dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

Kita hanya punya satu Bumi untuk ditinggali. Tak ada pilihan lain selain menjaganya dengan bijaksana. Apa yang kita lakukan hari ini dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengatasi dampak perubahan iklim, akan bermanfaat pada kehidupan generasi mendatang.

Ketua DPR RI
Drs. H. Setya Novanto, Ak., M.M


Forum Parlemen Dunia sangat penting perannya menjaga bumi dan mendorong masing-masing negaranya dalam mengatasi dampak perubahan iklim.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News