Obama Bisa Jadi Kunjungi RI 9-10 November

Menlu: Masih Disesuaikan dengan Jadwal Kedua Kepala Negara

Obama Bisa Jadi Kunjungi RI 9-10 November
Obama Bisa Jadi Kunjungi RI 9-10 November
JAKARTA - Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia, sudah sempat diagendakan dan harus tertunda-tunda beberapa kali tahun ini. Terakhir, rencana kunjungan pemimpin negara adidaya itu disebutkan bakal berlangsung pada bulan depan, atau November 2010. Meski demikian, Pemerintah RI melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa, mengaku sejauh ini belum mendapatkan jadwal pasti kedatangannya.

"Pastinya memang November. (Baru) itu saja yang kita dapatkan sejauh ini dari Gedung Putih. Untuk diketahui pula, pada bulan itu Presiden Obama diketahui punya sejumlah agenda kunjungan, yaitu antara lain ke India, ke Seoul (Korsel) dalam rangka pertemuan G-20, serta Yokohama (Jepang) terkait agenda APEC. Di antara agenda-agenda itulah akan ada kunjungan ke kita," jelas Marty, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jumat (22/10) siang.

Sejumlah pihak sempat berspekulasi, bahwa ada kemungkinan kunjungan Obama tersebut akan berlangsung pada 9-10 November. Dimintai komentar tentang ini, meski mengaku belum bisa mengkinformasi, Marty menganggap bisa saja (rencana) tanggal itu benar. "Kemungkinan besar bisa saja tanggal-tanggal segitu, terutama jika melihat dari agenda Presiden AS, begitu juga dengan kesibukan Bapak Presiden (SBY) sendiri. Karena memang jadwal kunjungan ini kan bakal mencocokkan dengan agenda kesibukan kedua kepala negara," katanya lagi.

Akan halnya soal agenda (acara) dalam rencana kunjungan Obama ke Indonesia itu sendiri, Menlu mengaku juga belum bisa memastikan. Yang jelas katanya, kemungkinan besar kunjungan hanya akan dilakukan di Jakarta dan sekitarnya, serta tidak sampai ke daerah-daerah lain. Termasuk katanya pula, tidak ke Papua, yang dikabarkan menjadi perhatian pemerintah AS khususnya pasca beredarnya video kekerasan TNI belakangan. "Yang pasti, persiapan kita (dalam rangka kunjungan itu) saat ini masih berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya. (ito/jpnn)

JAKARTA - Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia, sudah sempat diagendakan dan harus tertunda-tunda beberapa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News