Palestina Janji Gelar Pemilu September

Palestina Janji Gelar Pemilu September
Palestina Janji Gelar Pemilu September
RAMALLAH - Otoritas Palestina di Tepi Barat berjanji akan menghelat pemilu, yang sudah lama tertunda, pada September. Langkah mengejutkan tersebut diduga dipicu oleh berbagai revolusi di bumi Arab dan bocornya gambar kesepakatan damai rahasia dengan Israel.

   

Pada dasarnya, pemilu bisa membantu mengakhiri dalamnya kesenjangan politik antara pemerintahan Mahmoud Abbas di Tepi Barat dan militan Islam Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Menanggapi pengumuman rencana pemilu tersebut, Hamas langsung menolak untuk berpartisipasi. Menurut mereka, pemilu hanya upaya untuk mengalihkan perhatian publik dari skandal bocornya dokumen rahasia perjanjian damai antara pemerintah dan Israel oleh televisi Al Jazeera.

Meski demikian, menolak pemilu akan menjadi keputusan tidak populer bagi Hamas, di tengah berkembangnya tuntutan demokrasi di wilayah Timur Tengah. Hamas sendiri telah menyebut jatuhnya Presiden Hosni Mubarak sebagai kemenangan rakyat Mesir.

RAMALLAH - Otoritas Palestina di Tepi Barat berjanji akan menghelat pemilu, yang sudah lama tertunda, pada September. Langkah mengejutkan tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News