Paling Lama 2 Hari Lagi SBY Putuskan Arah Koalisi PD

Paling Lama 2 Hari Lagi SBY Putuskan Arah Koalisi PD
Paling Lama 2 Hari Lagi SBY Putuskan Arah Koalisi PD

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat (PD) hari ini menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) untuk mematangkan arah koalisi terkait pemilu presiden (pilpres) yang digelar 9 Juli nanti. Rencananya, keputusan politik PD terkait pilpres akan diumumkan ke publik paling lama dua hari lagi.

"Hari ini dalam rapimnas, pandangan, rekomendasi Demokrat daerah dalam dua hari mendatang akan kita bulatkan. Saya akan gunakan pandangan dan sikap DPD untuk tentukan sikap definitif partai paling lambat 20 Mei mendatang," kata Ketua Umum PD, Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka rapimnas partainya di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (18/5).

SBY menuturkan, PD memiliki keterbatasan dalam menghadapi pilpres. Pasalnya, perolehan suara partai berlambang bintang mercy itu pada pemilu legislatif (pileg) bulan April lalu hanya sekitar 10 persen.

Karenanya ada beberapa opsi yang akan diambil PD untuk menghadapi pilpres. Opsi pertama adalah bergabung dengan koalisi calon presiden (capres) yang sudah ada. Opsi kedua, membangun poros koalisi sendiri untuk mengusung pasangan capres sendiri.

"Kalau cocok dan bisa berkoalisi meskipun kecil, mencalonkan capres dan cawapres sendiri," ujar Presiden RI ke-6 ini.

Di luar kedua opsi itu ada opsi ketiga, yakni  tidak bergabung dengan kubu koalisi manapun atau menjadi oposisi. SBY menekankan, partainya akan mengambil sikap terkait koalisi pilpres sebagai bentuk tanggung jawab politik.

"Mengapa kita harus menentukan sikap? Karena Demokrat ikut tanggung jawab agar Pemilu 2014 ini berlangsung damai dan demokratis dan bersih di lapangan," tandasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Partai Demokrat (PD) hari ini menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) untuk mematangkan arah koalisi terkait pemilu presiden (pilpres)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News