Papua Muda Inspiratif Menanam Jagung di Lembah Kebar Demi Kesejahteraan Rakyat

Papua Muda Inspiratif Menanam Jagung di Lembah Kebar Demi Kesejahteraan Rakyat
Papua Muda Inspiratif (PMI) menanam jagung di Lembah Kebar, Kabupaten Tambrauw. Dok PMI.

jpnn.com - Sejumlah milenial yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) melakukan aksi menanam jagung di lahan seluas 44 hektare di Distrik Kebar Timur, Kabupaten Tambrauw.

Ketua Bidang Pertanian PMI Kabupaten Tambrauw Daud Amnan mengatakan penanaman jagung itu untuk kesejahteraan masyarakat di Papua, khususnya di Kebar, Papua Barat.

"Kami akan mengelola tanah yang diberikan oleh kepala suku. Kami siap untuk membantu untuk menyejahterakan masyarakat yang berada di wilayah Distri Kebar Timur," kata Daud dalam siaran persnya, Sabtu (20/8).

Dia menyebut ada sekitar 200 hektare lahan kosong milik warga yang dipercayakan kepada PMI untuk dikelola dengan baik. PMI telah menggandeng investor untuk turut serta mendukung penanaman jagung di lahan tersebut. 

PMI yang merupakaan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN), kemudian menggandeng perusahaan PT Nuansa Lestari Sejahtera untuk turut serta mendukung penanaman jagung supaya pengelolaan dan hasil panennya maksimal.

Dalam perencanaannya, 200 hektare lahan itu 30 persennya akan dibuatkan sarana prasana penunjang penanaman jagung, seperti pembuatan embung dan saluran irigasi. Sedangkan sisanya sekitar 120 hektare, diperuntukkan untuk ditanami jagung. 

Untuk tahap awal, penanaman jagung dilakukan dilahan sekitar 44 hektare, pada 1 Juli 2022 lalu. Dengan harapan, pada Oktober 2022 mendatang, telah terjadi masa panen.

Masa panen itu diharapkan bisa disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo

Papua Muda Inspiratif (PMI) yang dibina oleh BIN melakukan gerakan menanam jagung di Lembah Kebar, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News