Partisipasi Olahraga Masyarakat via Gala Desa Lebihi Target

Partisipasi Olahraga Masyarakat via Gala Desa Lebihi Target
Menpora Imam nahrawi dalam penutupan Gala Desa di Karawang. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tingginya tingkat kepesertaan atlet di ajang Gala Desa 2017 diikuti oleh jumlah partisipasi masyarakat yang menyaksikan tiap-tiap pertandingan di lapangan.

Dalam data yang dimiliki oleh Asdep Ordik Kemenpora, mereka yang datang rata-rata mencapai 7000 warga. Bahkan, ada satu pertandingan yang bisa menyedot sampai lebih dari 10 ribu penonton.

Per pekannya, dengan mengkalikan jumlah penonton yang menyaksikan di lapangan desa serta meramaikan Gala Desa di 136 kabupaten/kota, mencapai sekitar 952.000 penonton.

Jika dijumlahkan, setiap daerah rata-rata menggelar even Gala Desa sepanjang tiga bulan dan bertanding di akhir pekan. tingkat partisipasi masyarakat di even ini, bisa mencapai 22 juta partisipan. Dua kali lipat dari target pertumbuhan partisipasi masyarakat berolahraga di angka 12,5 juta atau setara 5 persen.

Jumlah tersebut masih berpotensi meningkat, karena setiap cabor digelar di lapangan atau GOR desa yang berbeda. Biasanya, di setiap lapangan selalu disesaki oleh penonton yang menyaksikan di pinggir lapangan.

Salah satu kabupaten yang menjadi sorotan karena antusiasme tinggi warganya adalah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tak kurang 20 ribu lebih masyarakat, termasuk didalamnya atlet desa/kelurahan tumpek blek dalam satu lapangan di Temanggung.

Jumlah di Temanggung, bahkan mampu melewati antusiasme tinggi masyarakat dan atlet di Bulukumba, Sulsel, yang mencapai sekitar 15 ribu-an orang. "Kami senang melihat antusiasem warga.

Mereka hadir menyaksikan, silih berganti berdatangan. Peningkatan partisipasi olahraga ini, sudah melebihi yang ditargetkan," terang Raden Isnanta, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora. (dkk/jpnn)


Tingginya tingkat kepesertaan atlet di ajang Gala Desa 2017 diikuti oleh jumlah partisipasi masyarakat yang menyaksikan tiap-tiap pertandingan di lapangan.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News