Patahkan Tabu 10 Tahun Spanyol, Italia Tantang Jerman

Patahkan Tabu 10 Tahun Spanyol, Italia Tantang Jerman
Selebrasi gol pertama Italia oleh Chiellini. FOTO: UEFA.com

jpnn.com - SAINT-DENIS - Dendam Italia saat digasak Spanyol pada final Euro 2012 akhirnya terbalaskan. Pada laga 16-besar Euro 2016 di Stade de France, Senin (27/6) malam WIB, gol Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle mematahkan tabu sekaligus mengantar sang juara bertahan pulang. Italia menang 2-0 atas Spanyol.

Meski tanpa diperkuat Antonio Candreva yang masih cedera, Italia tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Peluang Eder yang masih bisa diblok pemain Spanyol jadi penanda awal laga.

Laga baru berjalan delapan menit, David De Gea dipaksa melakukan penyelamatan apik demi menghalau sundulan Pelle. Peluang emas didapat Italia beberapa menit kemudian.

Aksi akrobatik Emmanuele Giaccherini nyaris merobek jala gawang De Gea. Spanyol baru bereaksi menit ke-22 lewat tembakan Cesc Fabregas yang masih bisa diadang defender Gli Azzurri.

Setengah jam pertandingan berlangsung, Sergio Ramos hampir mencetak gol bunuh diri saat antisipasinya tak berujung manis di depan gawang sendiri. Terus menekan, Italia akhirnya memecah kebuntuan menit ke-33.

Berawal dari eksekusi tendangan bebas Eder, bola rebound jatuh di kaki Giaccherini dan akhirnya bergulir bebas. Chiellini dengan sigap menyambar bola masuk ke gawang.

Gol Chiellini sekaligus jadi yang pertama masuk ke gawang Spanyol dalam satu dekade terakhir di babak gugur turnamen akbar. Kali terakhir La Furia Roja kebobolan di fase tersebut adalah pada 2006 oleh Prancis. Tabu akhirnya dipatahkan.

Jelang turun minum, Giaccherini kembali mengancam jala De Gea. Namun, skor 1-0 untuk keunggulan Gli Azzurri tetap bertahan.

SAINT-DENIS - Dendam Italia saat digasak Spanyol pada final Euro 2012 akhirnya terbalaskan. Pada laga 16-besar Euro 2016 di Stade de France, Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News