PDIP Gaet Profesor untuk Jadi Bacaleg

PDIP Gaet Profesor untuk Jadi Bacaleg
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan sekretaris jenderalnya, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (26/4). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya merekrut sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu untuk maju sebagai bakal calon anggota DPR di Pemilu 2019. Beberapa bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PDIP adalah guru besar alias profesor.

Di antara bacaleg PDIP ada Prof Abdul Rozak yang mengajar di Universitas Hasanuddin Makassar. Kepakarannya di bidang pembangunan gizi dan kesehatan masyarakat.

Ada pula Prof Hasbullah Tabrani yang mengajar di Universitas Indonesia. “Memiliki kepakaran dalam jaminan sosial, ekonomi kesehatan dan juga mampu mendorong bagaimana tanggung jawab negara terhadap asuransi kesehatan," ujar Hasto di KPU, Jakarta, Selasa (17/7).

Pakar lain yang menjadi bacaleg PDIP adalah Prof Purnawan Junaidi yang dikenal sebagai guru besar bidang administrasi dan kebijakan kesehatan masyarakat di UI. Selanjutnya ada Dr Diah Arimbi yang memiliki pemahaman kuat di bidang hukum kesehatan. 

"Ini menunjukkan perhatian yang begitu luas dari PDIP, bagaimana sila kemanusiaan dan keadilan sosial hadir di tengah rakyat. Bagaimana kecukupan gizi bagi rakyat sehingga kami jemput bola, kami lakukan rekrutmen," katanya.

Hasto menambahkan, partainya juga merekrut sejumlah tokoh nasional lain. Mulai purnawirawan TNI/Polri, hingga tokoh dari berlatar belakang komisioner Komnas HAM.

"PDIP terus menyempurnakan manajemen kepartaian, sehingga mereka yang punya kepakaran di bidang manajemen juga kami rekrut," katanya.

PDIP mendaftarkan 575 bakal caleg untuk 80 daerah pemilihan ke KPU. Dari jumlah itu, 37,46 persen di antaranya merupakan caleg perempuan.(gir/jpnn)


Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, Beberapa bakal calon anggota legislatif (bacaleg) partainya adalah akademisi bergelar profesor.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News