PDIP Rumuskan Kriteria Pengganti Megawati

PDIP Rumuskan Kriteria Pengganti Megawati
PDIP Rumuskan Kriteria Pengganti Megawati
JAKARTA - Menyusul kekalahan dalam pemilu presiden 2009, saat ini PDI Perjuangan telah membentuk satu tim khusus untuk merumuskan kriteria calon ketua umum partai untuk menggantikan Ketua Umum PDIP yang saat ini dipegang oleh Megawati Soekarnoputri.

"Ya, di internal partai sekarang sudah ada satu tim khusus untuk merumuskan kriteria calon ketua umum. Kreteria itu sangat penting dan strategis agar proses regenerasi di internal partai bisa berlangsung secara selektif," kata Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, usai menghadiri pelantikan SBY-Boediono di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/10).

Selain bertugas merumuskan kreteria, lanjutnya, tim khusus ini juga diberi kepercayaan untuk menyusun prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan. Semua hasil kerja tim tidak boleh ke luar dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).  "Termasuk membuat aturan dalam kongres mendatang," ujarnya.

Puan menjelaskan, meskipun PDIP memiliki mekanisme pelaksanaan kongres termasuk untuk memilih ketua umum, kehadiran tim perumus memang sangat diperlukan agar semua kader yang ingin mencalonkan diri nantinya harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang ditentukan dalam aturan yang ditetapkan. "Jadi, siapapun yang akan menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan nantinya, harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan tim perumus. Dengan demikian, tidak bisa semua kader mencalonkan diri," tegas Puan. (fas/JPNN)

JAKARTA - Menyusul kekalahan dalam pemilu presiden 2009, saat ini PDI Perjuangan telah membentuk satu tim khusus untuk merumuskan kriteria calon


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News