Pelantikan Presiden Chavez Ditunda

Pelantikan Presiden Chavez Ditunda
Pelantikan Presiden Chavez Ditunda
CARACAS – Presiden Venezuela Hugo Chavez, 58, tak bisa menikmati perpanjangan masa jabatan sesuai jadwal. Tokoh yang memenangi pemilihan presiden (pilpres) pada Oktober tahun lalu tersebut seharusnya dilantik kembali 10 Januari nanti untuk masa jabatan periode 2013-2019.

Karena kondisi kesehatan Chavez belum stabil, parlemen Venezuela mengadakan rapat darurat. Agendanya adalah membahas rencana pelantikan Chavez yang dijadwalkan pada Kamis depan (10/1). Tetapi, pemerintah Venezuela menyatakan bahwa pengambilan sumpah terhadap Chavez untuk masa jabatan enam tahun ketiga bisa saja dilakukan di depan Mahkamah Agung (MA) ketika kondisi fisiknya sudah memungkinkan.

Wakil Presiden Nicolas Maduro memberi sinyal bahwa pemerintah Venezuela bakal menunda pelantikan Chavez karena dia masih berjuang menghadapi masalah kesehatan. Tokoh 58 tahun yang dikenal kontroversial itu mengalami infeksi saluran pernapasan tiga minggu setelah menjalani operasi kanker di Havana, Kuba.

’’Beliau (Chavez, Red) memiliki hak untuk beristirahat dan butuh kedamaian serta waktu untuk memulihkan diri,’’ kata Maduro dalam pidato yang disiarkan langsung televisi Jumat malam lalu waktu setempat (4/1) atau Sabtu WIB (5/1). ’’Presiden saat ini sedang menjalankan tugas. Beliau sudah memiliki pemerintahan,’’ lanjut tokoh yang ditunjuk Chavez sebagai pengganti dirinya itu.

CARACAS – Presiden Venezuela Hugo Chavez, 58, tak bisa menikmati perpanjangan masa jabatan sesuai jadwal. Tokoh yang memenangi pemilihan presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News