Pelatihan Pelaku UKM Masih Jadi Prioritas

Pelatihan Pelaku UKM Masih Jadi Prioritas
Pelatihan Pelaku UKM Masih Jadi Prioritas
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), Syarif Hasan, menegaskan bahwa pihaknya masih akan tetap memprioritaskan pelatihan bagi para pelaku UKM di beberapa wilayah di Indonesia. "Walaupun banyak yang mengatakan aksi pelatihan UKM tidak berpengaruh dan tidak perlu digelar, kami menegaskan akan tetap memprioritaskan program pelatihan hingga lima tahun ke depan," tegasnya, ketika menjawab pertanyaan anggota Komisi VI DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/2).

Menurut Syarif, pelatihan terhadap pelaku KUKM di daerah harus tetap dilakukan, mengingat itu diperlukan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan bagi para pelaku KUKM. "Pelatihan itu bukan hanya membahas mengenai proses produksi ataupun mencari dana, tetapi mereka juga harus tahu dan memahami bagaimana memasarkan produk hasil buatan mereka," jelasnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan target program pelatihan tersebut, lanjut Syarif, pihaknya tengah melakukan analisis data yang terkait dengan pengembangan SDM KUKM, guna memperoleh gambaran mengenai kondisi serta permasalahan yang ada. "Dengan begitu, konsep yang akan disusun akan dapat memecahkan persoalan yang dihadapi," tambahnya.

Selain itu, dalam rangka memperlancar program pelatihan yang diterapkan, Syarif mengatakan bahwa Kementerian KUKM sendiri sudah menggandeng atau bekerjasama dengan beberapa organisasi, misalnya Koperasi Unit Desa (KUD) dan Dekopin. "Ada beberapa anggota organisasi itu yang juga menjadi pengurus di dalam organisasi pelatihan yang kami gelar. Nanti ke depannya, diharapkan akan mampu memberikan akses untuk mempermudah pengajuan kredit perbankan bagi pelaku KUKM," terangnya pula. (cha/jpnn)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), Syarif Hasan, menegaskan bahwa pihaknya masih akan tetap memprioritaskan pelatihan bagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News