Pelindo IV Investasi 5 RTG Senilai Rp 85 miliar

Pelindo IV Investasi 5 RTG Senilai Rp 85 miliar
Pelindo IV kedatangan lima unit Rubber Tyred Gantry (RTG) untuk di Pelabuhan Jayapura dan Pelabuhan Ambon. Foto IST

jpnn.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV kembali menanam investasi total senilai Rp 85 miliar jelang tutup tahun dengan mendatangkan lima unit Rubber Tyred Gantry (RTG) untuk di Pelabuhan Jayapura dan Pelabuhan Ambon.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan lima unit alat bongkar muat kontainer tersebut telah tiba di Pelabuhan Jayapura pada Kamis, (7/12), diangkut dengan kapal MV Hansa Heavy Lift (HHL) New York berbendera Barbados dan Antigua.

“Kedatangan lima unit RTG ini untuk menunjang kegiatan di pelabuhan kelolaan Pelindo IV. Di mana, dua unit RTG akan ditempatkan di Pelabuhan Jayapura dan tiga unit lagi untuk di Pelabuhan Ambon,” kata Doso.

Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelindo IV, Farid Padang menambahkan kapasitas angkat RTG yang baru tiba tersebut adalah SWL 40 ton dengan high stacking 5+1 dan span 23,47 meter atau 6 row + 1 (truck line).

Diharapkan, dengan cara kerja yang cukup cepat dari RTG yang baru, bisa menunjang target produktivitas bongkar muat barang di dua pelabuhan itu.

Khusus di Pelabuhan Jayapura jelasnya, saat ini telah tersedia alat yaitu 2 unit container crane, 2 unit RTG, 4 Head truck, 2 tronton, 2 reachstacker, 1 forklift 7 ton, 1 Mobile Crane, 1 Kapal Tunda Anggada IX 2x1.000 hp, 1 speed boat 2x40 hp dan 10 plugging reefer.

Dengan kedatangan dua unit RTG terbaru di pelabuhan terujung di Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu, total RTG yang dimiliki Pelabuhan Jayapura menjadi 4 unit.

Untuk di Pelabuhan Ambon, rencananya 3 unit RTG yang baru akan tiba pada 13 Desember 2017.

“Direncanakan 5 unit RTG itu sudah bisa digunakan sebelum Tahun Baru 2018,” ujar Farid.

Saat ini, progress pengerjaan pemasangan 2 unit RTG baru di Pelabuhan Jayapura yang dilakukan oleh perusahaan kontraktor Dinson Industries Corporation – China, sudah mencapai 90,50 persen.(chi/jpnn)


Lima unit RTG ini untuk menunjang kegiatan di pelabuhan kelolaan Pelindo IV. Di mana, dua unit RTG akan ditempatkan di Pelabuhan Jayapura dan Ambon.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News