HUT ke-73 Republik Indonesia

Pelindo IV Sumbang Mesin Tempel Kapal Nelayan dan Beasiswa

Pelindo IV Sumbang Mesin Tempel Kapal Nelayan dan Beasiswa
PT Pelindo IV memberikan sumbangan mesin tempel nelayan dan beasiswa di Maluku Utara bertepatan dengan HUT RI ke-73. Foto dok humas

jpnn.com, TERNATE - PT Pelindo IV menyumbang tiga mesin tempel kapal kepada nelayan yang telah berjasa menyelamatkan puluhan penumpang korban tenggelam KMP Bandeng di perairan Halmahera.

Bantuan diberikan Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Dirut Pelindo IV Doso Agung usai mengadakan upacara bendera 17 Agustus, Jumat (17/7).

“Nelayan ini yang memberitahukan di mana para korban berada dan mereka juga membantu menyelamatkan puluhan penumpang yang terbalik,” ujar Rini.

Karena itu sudah sepatutnya nelayanan yang sudah membantu menyelelamatkan penumpang diberikan apresiasi.

Doso mengatakan bantuan mesin tempel senilai Rp 450 juta sebagai wujud BUMN hadir untuk negeri. Ada tiga kelompok nelayan yang mendapatkan mesin tempel, di mana masing-masing kelompok mendapatkan tiga mesin.

Pada upacara peringatan 73 kemerdekaan RI di halaman Pelindo Ternate Maluku, Pelindo IV juga membantu beasiswa bagi pelajar berprestasi, menyelenggarakan jalan sehat 5 KM, pasar murah, siswa mengenal Nusantara, membangun MCK, taman bacaan.

Di samping itu, Peran Pelindo IV dalam tiga tahun terakhir dapat dirasakan masyarakat Indonesia Timur. Hal ini terjadi setelah dilakukan Program Direct Export dan Direct Call untuk wilayah Timur.

Melalui program tersebut saat ini kegiatan ekspor dari wilayah timur Indonesia dapat dilakukan lebih singkat, murah dan berdaya saing.

Sehingga saat ini ekonomi kawasan timur Indonesia rata-rata diatas kawasan barat Indonesia.

Sesuai dengann data BPS, pertumbuhan tertinggi kuartal II-2018 dicapai oleh Maluku dan Papua sebesar 18,18 persen. Sementara Kalimantan 3,31 persen, Bali dan Nusa Tenggara 3,75 persen , Jawa 5,69 persen dan Sumatra 4,65 persen.

Pelindo IV juga melaksanakan pembangunan dermaga dan reklamasi kolam seluas 8300 m2 serta pemasangan 1 unit container crane dan pada September nanti beserta peralatan pendukungnya untuk dapat meningkatkan kapasitas pelabuhan ternate menjadi 2 kali lipat.

Adapun yang sudah dilakukan sinergi BUMN di timur Indonesia antara lain meningkatkan kesejahteraan dan meringankan beban rakyat, terutama masyarakat di wilayah terluar, terpinggir dan tertinggal melalui program Listrik murah, Program Tol Laut, BBM Satu Harga dan Program Rumah Kita.

Seluruh program tersebut dimotori oleh BUMN bersama instansi pemerintah lainnya dalam mensukseskan program-program strategis pemerintah dewasa ini.(chi/jpnn)


Nelayan ini yang memberitahukan di mana para korban berada dan mereka juga membantu menyelamatkan puluhan penumpang yang terbalik.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News