Pemberontakan Malam Tahun Baru (1)

Pemberontakan Malam Tahun Baru (1)
Koran Djago! Djago! yang diterbitkan PKI Minangkabau. Koran ini menyelaraskan ajaran Islam dan komunisme. Foto: Istimewa.

jpnn.com - PEMBERONTAKAN dimulai pukul 00.01, saat tuan-tuan dan noni-noni Belanda itu mabuk-mabukan dan berdansa-dansi merayakan malam tahun baru 1927. Begitu rencananya…

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Ketika orang-orang mulai ragu, Kamaruddin gelar Manggulung mengacungkan pistol. "Yang tidak setuju pemberontakan, angkat tangan!"

Hari itu para pimpinan Partai Komunis Indonesia (PKI) sedang berunding di Silungkang, Minangkabau. Almanak bertanggal 20 Desember 1926.  

Rapat yang dihadiri lebih dari 30 orang itu, sebagaimana diceritakan Abdul Muluk Nasution dalam buku Pemberontakan Sarekat Rakyat, untuk membuat keputusan terakhir, apakah pemberontakan tetap dilaksanakan atau tidak.

Abdul Muluk anggota Sarekat Rakyat Silungkang. Dia saksi sejarah.

Pemberontakan PKI

Pemberontakan menuntut kemerdekaan Indonesia digagas oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) saat Konferensi Prambanan, 25 Desember 1925.

PEMBERONTAKAN dimulai pukul 00.01, saat tuan-tuan dan noni-noni Belanda itu mabuk-mabukan dan berdansa-dansi merayakan malam tahun baru 1927. Begitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News