Pemerintah Beri Kemudahan Izin Usaha UMKM Wastra

Pemerintah Beri Kemudahan Izin Usaha UMKM Wastra
Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Forum Digitalk bertema Izin Usaha Lancar, UMKM Wastra Berdaya Saing di Novotel Hotel, Sumatra Selatan, Jumat (8/12). Foto dok Kominfo

jpnn.com, SUMATERA SELATAN - Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Forum Digitalk bertema Izin Usaha Lancar, UMKM Wastra Berdaya Saing di Novotel Hotel, Sumatra Selatan, Jumat (8/12).

Direktur IKPM Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, menjelaskan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerja sama dengan Kominfo untuk memberi dukungan kepada para UMKM wastra di berbagai daerah guna terus berkarya dan berinovasi.

“Dengan wastra Indonesia seperti tenun, songket, batik, kita bisa melihat karya-karya anak bangsa. Juga melihat perempuan memegang peranan penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat, yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM,” ujar Septriana.

Wastra merupakan salah satu warisan budaya yang dapat dikembangkan oleh UMKM dan perempuan.

Diketahui ada beberapa motif wastra Sumatra Selatan yang telah mendapatkan sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berupa hak cipta dan merek.

Beberapa di antaranya yakni hak cipta motif batik duren, hak cipta motif songket duren dan puluhan IKM HKI merek. Sedangkan untuk pemasaran baik secara online maupun offline, Dekranasda Provinsi Sumatra Selatan menampilkan berbagai produk kriya perajin lewat etalase Kriya Sriwijaya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatra Selatan, Amiruddin, menjelaskan bahwa saat ini perizinan bagi pelaku usaha melalui pelayanan satu pintu, yaitu Online Single Submission (OSS).

Proses birokrasi perizinan usaha yang panjang dan rumit menjadi salah satu kendala yang banyak dirasakan pelaku UMKM sebelum adanya UU Cipta Kerja.

Wastra merupakan salah satu warisan budaya yang dapat dikembangkan oleh UMKM dan perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News