Pemerintah Segera Sikapi Kenaikan Harga Minyak

Pemerintah Segera Sikapi Kenaikan Harga Minyak
Pemerintah Segera Sikapi Kenaikan Harga Minyak
JAKARTA — Harga minyak dunia kembali naik diatas US$ 80 Per Barel. Perubahan harga minyak inipun mempengaruhi terhadap asumsi harga minya di APBN 2010 yang dipatok sebesar US$ 65-77 per barel. Kepada wartawan, Jumat (5/3), Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa pemerintah akan segera membahas dampak kenaikan harga minyak terhadap APBN-P 2010 dengan DPR RI.

"Saya tidak akan bereaksi berdasarkan perkembangan sesaat, karena yang harus menjadi perhatian kita adalah suasana sepanjang tahun. Perkembangan harga minyak US$80 ini akan jadi masukan pada pembahasan APBN-P 2010 dengan DPR," kata Sri.

Bila melihat pada saat awal penyusunan APBN, sepanjang tahun ini harga minyak diproyeksikan pada kisaran antara US$ 70-80. Sedangkan harga rata-rata yang diusulkan sebesar US$ 77. Menkeu memperkirakan angka ini masih mampu menutupi resiko kenaikan harga minyak diluar proyeksi.

"Harga rata-rata yang kita usulkan US$77 dolar per barel itu (diperkirakan) masih bisa meng-cover resikonya. Nanti yang dibahas di DPR, tentunya adalah apakah angka US$77 itu ditambah dengan nilai tukar dan jumlah lifting, baik dari sisi penerimaan yang akurat, penerimaan PNBP Migas, SDA, atau penerimaan pajak migas, maupun dari sisi belanja subsidinya. Sehingga tidak terjadi meleset dari defisitnya," jelas Sri.

JAKARTA — Harga minyak dunia kembali naik diatas US$ 80 Per Barel. Perubahan harga minyak inipun mempengaruhi terhadap asumsi harga minya di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News