Pemerintah Siapkan Dua Institut Teknologi Lagi

Dipastikan Berada di Kalimantan dan Sumatera

Pemerintah Siapkan Dua Institut Teknologi Lagi
Pemerintah Siapkan Dua Institut Teknologi Lagi
JAKARTA — Pemerintah telah berencana untuk membangun dua buah Institut Teknologi (IT) di Kalimantan dan Sumatera pada 2012 mendatang. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, pembangunan dua institut teknologi itu untuk mendongkrak jumlah mahasiswa yang menekuni bidang teknik (engineering).

“Peningkatan peran di bidang engineering memang harus didorong. Jumlah populasinya hanya 11 persen dari jumlah populasi mahasiswa di Indonesia. Padahal, idealnya itu sekitar 30 persen,” kata Nuh kepada JPNN di Jakarta, Minggu (9/10).

Nuh menambahkan, rencana pembangunan dua buah IT itu juga dikarenakan jumlah lulusan dari kedua dua IT milik pemerintah saat ini, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dianggap masih sedikit. “Lulusan ITS dan ITB sekarang ini juga tidak banyak. Maka dari itu, ini yang harus dirawat dan dikembangkan,” imbuhnya.

Mantan Rektor ITS ini menambahkan, Kemdiknas sudah menentukan kawasan pembangunan IT baru tersebut. Antara lain di Kalimantan dan Sumatera.

JAKARTA — Pemerintah telah berencana untuk membangun dua buah Institut Teknologi (IT) di Kalimantan dan Sumatera pada 2012 mendatang. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News