Pemerintah Siapkan Inpres Ketahanan Pangan

Pemerintah Siapkan Inpres Ketahanan Pangan
Pemerintah Siapkan Inpres Ketahanan Pangan
JAKARTA — Untuk menjaga ketahanan pangan nasional, Pemerintah akan melakukan intervensi dengan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Ketahanan Pangan. Diharapkan dari keluarnya Inpres tersebut, Bulog akan memiliki fleksibilitas untuk melakukan stok hasil pertanian dari dalam negeri termasuk untuk melakukan impor.

Menteri koordinator bidang perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, saat ini Bulog sudah bisa memasok hasil dari petani dengan berbagai macam kualitas. Hanya saja karena pengaruh musim, tidak semua kualitas hasil pertanian sesuai standart. Menurut Hatta, untuk menyelamatkan petani yang sudah bekerja, maka Inpres Ketahanan Pangan ini bisa menjadi payung hukum bagi Bulog.

"Kualitas hasil pertanian pasti sangat terpengaruh musim. Dengan Inpres ini Bulog punya fleksibilitas membeli hasil pertanian. Untuk menutupi selisih HPP (Harga pokok petani) dengan nilai jual, pemerintah bisa memberikan insentif," kata Hatta di Jakarta, Selasa (25/1).

Dengan Inpres tersebut, kata Hatta, Bulog juga diberi kewenangan untuk mengambil kebijakan di luar ketentuan. Namun pada prinsipnya, kebijakan itu tetap mengedepankan kepentingan para petani.

JAKARTA — Untuk menjaga ketahanan pangan nasional, Pemerintah akan melakukan intervensi dengan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Ketahanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News