Pemkab Belu Dorong Atambua Jadi Kota Festival Budaya Crossborder

Pemkab Belu Dorong Atambua Jadi Kota Festival Budaya Crossborder
Bupati Belu Willybrodus Lay. Foto: Timor Ekspress/JPG

jpnn.com - ATAMBUA – Suksesnya beragam Festival Crossborder yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sejak Juni hingga Desember 2016 di Atambua tak ingin disia-siakan Bupati Belu Willybrodus Lay. Dia akan mendorong pariwisata untuk menjadi leading sector dalam membangun daerah.

Atambua pun akan didorong sebagai kota festival budaya bagi Indonesia dan Timor Leste. Sejak Juni 2016, Kota Atambua memang sudah bertransformasi menjadi kota festival.

Kota yang menjadi salah satu pusat penampungan pengungsi dari Timor Timur saat 1999 itu sudah naik kelas. Artis-artis tampil di sana tak lagi didominasi band-band lokal ataupun bintang kelas dua nasional. Semua sudah artis papan atas Indonesia.

Tengok saja penampilan Slank yang pernah diboyong Kemendes PDT. Setelah itu, ada Marapu, Kikan, Boomerang, dan Jamrud. Semuanya tampil mempromosikan Festival Crossborder Atambua yang digelar Kementerian Pariwisata. Tiga wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste yakni di Kabupaten Belu (Atambua), Kabupaten Malaka (Betun), dan Kabupaten Timor Tengah Utara (Kefamenanu-Tanjung Bastian) jadi heboh luar biasa.

“Yang saya rasakan, Festival Crossborder di perbatasan NTT-Timor Leste menaikkan citra daerah. Untuk jangka panjang tentu sangat berpengaruh bagi pariwisata kabupaten yang ada di sekitar perbatasan akan terus berbenah untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang lebih baik,” ungkap Willybrodus Lay, Senin (12/12).

Willy – sapaan akrab Willybrodus Lay- tak asal bicara. Sejak Festival Crossborder digelar, jalan di tiga wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste di Kabupaten Belu (Atambua), Kabupaten Malaka (Betun), dan Kabupaten Timor Tengah Utara (Kefamenanu-Tanjung Bastian) berubah mulus. Yang tadinya tanah dan batu, sekarang sudah diaspal mulus seperti jalan-jalan di Pulau Jawa.

Perumahan tipe 46 dengan atap seng berwarna biru juga makin menjamur. Rumah ini memang dibangun khusus untuk masyarakat daerah perbatasan. Itu selaras dengan kenaikan jumlah kamar hotel di Atambua.

“Dulu Hotel Matahari hanya punya 18 kamar. Pelan-pelan sekarang sudah tambah jadi 40 kamar. Hotel lainnya juga begitu. Ke depan, saya akan usahakan masuknya investasi untuk membangun hotel bintang tiga dan bintang empat di Atambua,” ungkap Willy.

ATAMBUA – Suksesnya beragam Festival Crossborder yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sejak Juni hingga Desember 2016 di Atambua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News