Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK: Disiapkan 1,3 Juta Formasi ASN

Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK: Disiapkan 1,3 Juta Formasi ASN
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan soal pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK. Ilustrasi Foto: dokumen JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengumumkan pemerintah akan membuka 1,3 juta formasi calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2021 setelah absen pada tahun lalu. Jumlah tersebut terdiri dari CPNS dan PPPK.

“Pembukaan formasi baru itu merupakan bagian dari program prioritas pemerintah membangun sumber daya manusia,” kata Tjahjo Kumolo, Jumat (19/3).

Walaupun demikian, Kemenpan-RB belum dapat memberi keterangan lebih detail, termasuk periode seleksi, karena jadwal rinci rekrutmen ASN masih disusun oleh Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Dari total 1,3 juta formasi yang dibuka, sebagian besar untuk guru, yaitu sekitar lebih dari satu juta lowongan, kemudian 189.000 formasi untuk kebutuhan pemerintah daerah, dan 83.000 sisanya untuk kebutuhan pemerintah pusat.

Formasi CASN untuk pemerintah daerah dan pusat akan dibuka untuk CPNS dan PPPK.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo menerangkan lowongan guru akan dibuka dengan skema PPPK.

Tjahjo mengatakan, eks guru tenaga honorer kategori 2 dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang tidak mengajar diperbolehkan ikut rekrutmen.

Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menyebut dibuka 1,3 juta formasi calon ASN tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News