Pengangguran Didominasi Lulusan SMA

5 Bulan, Pengangguran di Kabupaten Serang Bertambah 7.892 Orang

Pengangguran Didominasi Lulusan SMA
Pengangguran Didominasi Lulusan SMA
SERANG - Walau wilayah Kabupaten Serang terkenal dengan daerah industri, tapi di daerah itu jumlah pengangguran terus meningkat. Dalam kurun waktu lima bulan, terhitung sejak Januari- Mei 2012 jumlah pengangguran di Kabupaten Serang naik sebanyak 7.892 orang. Jadi jika awalnya warga Kabupaten Serang yang berstatus pengangguran tercatat 23.620 orang pada akhir 2011 lalu. Sedangkan lima bulan kemudian, penganguran meningkat menjadi 31.512 orang.

Total pengangguran warga Kabupaten Serang itu tercatat hingga Mei 2012. Meningkatnya jumlah pengangguran itu berdasarkan data jumlah warga Kabupaten Serang yang tengah mencari kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang. Pengangguran di Kabupaten Serang didominasi lulusan tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

      

Kepala Seksi (Kasi) Penempatan tenaga Kerja, Bidang Bina Pembinaan dan Penempatan, Disnakertrans Kabupaten Serang, Sri Wahyuning mengatakan, meningkatnya angka itu disebabkan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) warga Kabupaten Serang terutama bidang keterampilan.

    

”Selain itu, di sisi lain jumlah lowongan pekerjaan perusahaan yang ada di Kabupaten Serang tidak sepadan dengan jumlah pencari kerja yang bertambah setiap tahunnya,” katanya, Kamis (7/6).

SERANG - Walau wilayah Kabupaten Serang terkenal dengan daerah industri, tapi di daerah itu jumlah pengangguran terus meningkat. Dalam kurun waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News