Pengeluaran Kandidat Disesuaikan Jumlah Pemilih

Pengeluaran Kandidat Disesuaikan Jumlah Pemilih
Pengeluaran Kandidat Disesuaikan Jumlah Pemilih
JAKARTA—Pengamat politik yang juga Rektor Universitas Paramadina, Anies Rasyid Baswedan, mengusulkan agar kandidat yang maju di pilkada tidak hanya diwajibkan menyerahkan laporan dana kampanye. Yang lebih penting lagi, lanjut Anies, harus diatur juga penggunaan dana kampanye.

"Yang harusnya dilihat adalah komponen pengeluaran. Bukan diatur pemasukannya," ujar Anies dalam seminar bertema "Mewujudkan Efisiensi Biaya Kampanye dalam Pilkada" di Jakarta, Rabu (14/4).

Mantan Ketua Senat UGM itu menjelaskan, bisa saja pengaturan pengeluaran itu dengan cara menyesuaian jumlah pemilih. "Jadi pengeluaran dihitung berdasarkan jumlah pemilih. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk per pemilih," paparnya.

Selain pemilih, perhitungan pengeluaran ini pun harus dilihat dari teritori dan kondisi geografis sebuah daerah. Pasalnya, daerah-daerah Indonesia timur dipastikan butuh biaya lebih tinggi. (sam/jpnn)

JAKARTA—Pengamat politik yang juga Rektor Universitas Paramadina, Anies Rasyid Baswedan, mengusulkan agar kandidat yang maju di pilkada tidak


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News