Pengungsi Mengamuk, Bupati Panik

Gunung Sinabung Menjadi Tipe A

Pengungsi Mengamuk, Bupati Panik
Pengungsi Mengamuk, Bupati Panik
KARO -- Gunung Api Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, ditetapkan menjadi gunung berapi tipe A. Peningkatan status itu, setelah terjadinya semburan lava panas, Minggu (29/9) pukul 00.10 WIB. Pasca ledakan, kondisi Sinabung  berstatus awas atau level IV.  Hal tersebut disampaikan Kepala PVMBG Badan Geologi Dr Surono Bandung, kepada sejumlah wartawan di posko sementara pengawasan, sekitar 4 kilometer dari lokasi  kelurnya magma, tepatnya di desa Sukanalu, Kecamatan Naman Teran, Minggu (29/8) siang.

“Ketika gunung ini berstatus tipe B, kita tidak melakukan pantauan. Karena seluruh gunung berapi di Indonesia  yang di klasifikasikan tipe B tidak dipantau. Namun sejak ditetapkan sebagai tipe A, kita  akan melakukan pantauan 24 jam.,” ungkap Surono. PVMBG juga merekomendasikan agar warga yang bermukim dan beraktivitas para radius 6Km dari kawah aktif diungsikan ke lokasi yang aman. Lebih lanjut ia mengatakan, aktivitas letusan dan sifat gunung api Sinabung tidak pernah tercatat sejak 1600.

Oleh karena itulah pihaknya , selama ini mengelompokkan Gunung Sinabung ke dalam tipe B dan tidak dilakukan pemantauan secara terus menerus.  Dikatakannya lagi, aktivitas gunung api  tersebut sudah terpantau dalam beberapa hari. Pemantauan pada 28 Agustus 2010 menunjukkan adanya asap putih manifestasi solfatara dan fumarola dalam kawah aktif. Namun pada Minggu pukul 00.08 WIB, Surono muncul gemuruh. Kemudian diikuti dengan tampaknya asap letusan dengan ketinggian 1.500 meter dari bibir kawah. Dengan aktivitas itu statusnya langsung dinaikkan ke Awas atau level IV.

Menurut Surono, selama ini gunung api tipe B atau gunung api tidak aktif sebanyak 30 gunung api. Sedangkan gunung api aktif tipe A yang mendapat pengamatan menerus sebanyak 68 gunung api. Dengan aktivitas Gunung Sinabung, maka jumlah gunung tipe A bertambah satu menjadi 69 gunung api.

KARO -- Gunung Api Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, ditetapkan menjadi gunung berapi tipe A. Peningkatan status itu, setelah terjadinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News