Penyakit Orang Kota, 71 Persen Kematian Disebabkan Penyakit Degeneratif

Penyakit Orang Kota, 71 Persen Kematian Disebabkan Penyakit Degeneratif
Penyakit Orang Kota, 71 Persen Kematian Disebabkan Degenerasi

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA – Penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan penurunan fungsi organ tubuh yang biasa diderita kalangan lanjut usia merupakan salah satu penyebab terbesar kematian di Indonesia.

Di antaranya, diabetes, obesitas, jantung koroner, osteoporosis, alzheimer, kanker, dan parkinson.

Berdasar data World Health Organization (WHO), sekitar 71 persen kematian di Indonesia disebabkan penyakit degeneratif.

Usia penderita hingga korban meninggal pun semakin muda.

”Seiring dengan berkembangnya waktu, gaya hidup kurang sehat dan kurangnya aktivitas fisik memang membuat penyakit degeneratif diderita masyarakat usia produktif, tidak lagi oleh lansia,” papar dr Inge Permadhi SpGK seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Senin (11/5).

Inge menjelaskan bahwa penyakit penyakit tersebut lebih berisiko besar bagi masyarakat di kota besar karena perkembangan gaya hidup yang pesat.

Masyarakat mulai usia 15 tahun sudah menderita penyakit degeneratif. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, stres, kurang istirahat, serta kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. (nur/awa/iku)

 

JPNN.com SURABAYA – Penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan penurunan fungsi organ tubuh yang biasa diderita kalangan lanjut usia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News