JPNN.com

Perang Jaringan Dealer Mitsubishi, Toyota, Wuling dan DFSK

Sabtu, 01 September 2018 – 05:55 WIB Perang Jaringan Dealer Mitsubishi, Toyota, Wuling dan DFSK - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Mitsubishi Xpander di segmen Avanza jelas membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak lagi bisa bersantai. Dengan prestasi jualan Xpander mengalahkan Avanza mendorong PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) tancap gas membenahi jaringan dealernya. 

Agresivitas MMKSI mematok penyebaran dealer hingga akhir 2018 tembus 143 outlet, memaksa TAM melek meskipun saat ini sudah menyebar agen-agen penjualannya total 324 outlet.

Artinya, walaupun sudah memiliki hampir dua kali lipat jumlah dealer tidak lantas membuat TAM santai. Sampai akhir 2019, Toyota menargetkan total 330 diler beroperasi.

Terbaru, Toyota mengambil langkah cepat meresmikan dua dealer sekaligus di wilayah berkembang dan kawasan Industri, yakni di Balaraja, Tangerang dan Kota Bekasi.

Kedua titik tersebut diakui menjadi kawasan yang sangat potensial. Menurut Vice President Director PT TAM Henry Tanoto hingga Juli 2018, angka penjualan kendaraan roda empat di Tangerang total mencapai 11.248 unit, di mana sebagian besar Toyota membukukan penjualan 3.653 unit dengan market share 32,5 persen. 

Sementara itu, Kota Madya Bekasi total penjualan kendaraan bermotor hingga Juni 2018 mencapai hampir 14.842 unit dan Toyota membukukan total penjualan 4.413 unit dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 29,7 persen.

“Kehadiran dealer ini diharapkan tidak hanya meningkatkan akses layanan Toyota kepada pelanggan, namun juga dapat memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara regional,” kata Henry, di Tunas Toyota Balaraja, Tangerang, Rabu (29/8) kemarin.

Di luar pemain Jepang, ada dua pendatang baru dari Tiongkok yakni Wuling Motors dan DFSK.

Wuling Motors yang baru melewati satu tahun eksistensinya di tanah air juga tak kalah impresif. Dari target awal membuka 80 dealer, per Juli lalu sudah dilampaui dengan total 81 dealer yang beroperasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...