Perayaan Ultah Pendiri, Korut Tak Luncurkan Rudal

Perayaan Ultah Pendiri, Korut Tak Luncurkan Rudal
Perayaan Ultah Pendiri, Korut Tak Luncurkan Rudal
PYONGYANG--Korea Utara (Korut) merayakan hari kelahiran atau ulang tahun (ultah) ke-101 pendiri negara itu, Kim Il-sung, Senin (15/4).  Jutaan rakyat Korut pun memberikan penghormatan kepada sang bapak bangsa pada salah satu hari libur nasional terpenting di negeri itu.

Acara perayaan diramaikan parade di Kota Pyongyang. Sebagaimana hari-hari penting lain di Korut, arak-arakan militer dan sejumlah persenjataan juga ditampilkan. Tetapi, unjuk kekuatan itu tak melibatkan uji coba atau peluncuran rudal jarak menengah Musudan, seperti yang dikhawatirkan Korea Selatan (Korsel) dan sejumlah negara Barat.

Kompleks makam Kim Il-sung maupun putranya, mantan penguasa Korut Kim Jong-il, dalam mausoleum Kumsusan Palace di Kota Pyongyang juga menjadi lokasi peringatan. Pemimpin Korut Kim Jong-un mengunjungi mausoleum kakek dan ayahnya itu.

Kantor Berita KCNA melaporkan bahwa sejak pagi Kim muda sudah tiba di Kumsusan Palace untuk memberikan penghormatan tertinggi kepada para leluhurnya.     Jalanan di ibu kota dihiasi bendera dan poster perayaan. Para remaja putri yang berpakaian merah dan pink memenuhi jalan. Sambil mendorong kereta bayi, warga pun tak melewatkan perayaan. Kemarin merupakan hari pertama libur nasional yang berlangsung selama tiga hari. 

PYONGYANG--Korea Utara (Korut) merayakan hari kelahiran atau ulang tahun (ultah) ke-101 pendiri negara itu, Kim Il-sung, Senin (15/4).  Jutaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News