Percepat Muktamar Tak Jamin PPP Lolos PT

Percepat Muktamar Tak Jamin PPP Lolos PT
Percepat Muktamar Tak Jamin PPP Lolos PT
JAKARTA - Sedianya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelat muktamar pada Februari 2012. Namun hajatan tertinggi partai itu dipercepat menjadi Juni 2011. Alasannya, PPP ingin memiliki persiapan menghadapi Pemilu 2014 yang Parliamentary Threshold (PT) yang diwacanakan menjadi lima persen.

Namun peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi, menilai rencana PPP mempercepat muktamar itu tidak menjamin partai yang dipimpin Suryadharma Ali itu bakal lolos PT jika nantinya dinaikkan jadi lima persen. "Saya kira pengaruhnya (percepatan muktamar) tidak terlalu signifikan," kata Burhanuddin di sela-sela sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (6/1).

Justru yang harus dilakukan PPP jika ingin lolos, kata Burhanuddin, adalah melakukan reorientasi dengan menyasar pemilih baru. Alasannya, selama ini partai yang berasaskan Islam ini hanya disokong oleh pemilih tradisional yang menjadi pemilih sejak PPP didirikan. Hanya saja, jumlahnya semakin lama semakin berkurang.

Di Muktamar nanti, kata Burhanuddin pula, ketua umum terpilih juga harus memiliki electoral figur yang kuat. "Kalau misalnya muktamar gagal mengangkat dua isu utama tadi, saya tidak yakin PPP lolos jika dinaikkan PT lima persen," tegasnya.

JAKARTA - Sedianya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelat muktamar pada Februari 2012. Namun hajatan tertinggi partai itu dipercepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News