Perikanan Bengkulu Lampaui Target

Perikanan Bengkulu Lampaui Target
Perikanan Bengkulu Lampaui Target
BENGKULU - Potensi hasil perikanan Bengkulu yang tinggi barangkali tak lepas dari panjang garis pantainya 536 kilo meter persegi ke arah laut. Hasil perikanannya melampaui target. Ini tentunya mendukung target nasional, 353 persen pada 2014. ’’Bengkulu memiliki potensi yang sangat tinggi. Dari target 100 ton per tahun, sudah melewati dan mencapai 113 ton per tahun. Ke depan target ini akan kami naikkan lagi,’’ ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad saat peletakan lunas kapal ikan 30/gross ton di Bengkulu, Selasa (10/5).

Luas  lepas zona eksklusif ekonomi (ZEE) 200 mil memiliki luas proteksi 195 ribu kilo meter persegi untuk perikanan tangkap (payau dan laut) pun menjadi alasan Bengkulu masuk target prioritas pemerintah pusat. Dengan mengalokasikan dukungan anggaran Rp 49 miliar untuk meningkatkan produksi minapolitan, pemerintah membidik 150 ton per tahun. Saat ini  potensi lestari sudah 126 ton per tahun dan sudah dimanfaatkan sebanyak 39 persen. ’’Bengkulu dihadapkan dengan Samudera Hindia yang sangat luas. Jadi kami membutuhkan kapal tangkap yang besar,’’ ujar Bismalinda, kepala Dinas Perikanan Bengkulu.

Provinsi Bengkulu juga tengah melakukan retrukturisasi armada perikanan dan percepatan pelaksanaan program ketahanan pangan melalui pembangunan kapal di atas 30 gros ton. ’’Kami bersyukur provinsi kami  menjadi prioritas untuk pengadaan kapal, kami mendapatkan 3 bantuan kapal yang hari ini (kemarin,Red) diresmikan Pak Menteri,’’ lanjut wanita berkerudung tersebut.

Bengkulu daerah pertama yang menerima alokasi program pengadaan kapal 1000 unit hingga 2014. 3 unit kapal tersebut akan didistribusikan ke nelayan kelompok usaha bersama (KUB). Dengan potensi yang ada, Kementerian Kelautan dan Perikanan berharap, Bengkulu lebih meningkatkan kinerja daerah. Karena selama ini belum tergarap dengan maksimal karena beberapa hal. Seperti belum memiliki konsep kebaharian, kesulitan dana, dan kurangnya sumber daya manusia yang profesional. (nel)

BENGKULU - Potensi hasil perikanan Bengkulu yang tinggi barangkali tak lepas dari panjang garis pantainya 536 kilo meter persegi ke arah laut. Hasil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News