Perjuangan Anak Penyintas Perang Vietnam Mencari Keluarga Kandungnya

Perjuangan Anak Penyintas Perang Vietnam Mencari Keluarga Kandungnya
Perjuangan Anak Penyintas Perang Vietnam Mencari Keluarga Kandungnya

Dominic Golding lahir di Vietnam kemudian diadopsi oleh warga Australia. Golding menceritakan kembali perjalanannya ke Vietnam baru-baru ini dalam rangka mencari dan menemui langsung keluarga kandungnya.

Saya merupakan salah satu bayi dari Perang Vietnam yang diadopsi dalam kondisi mengalami gangguan pendengaran dan cerebral palsy.

Saya berasal dari Cho Lon, sebuah kota pecinan di Saigon dan saya tiba di Australia melalui Operasi Babylift pada tahun 1975.  Saat ini saya bekerja sebagai praktisi theater dan pekerja kesejahteraan masyarakat di Melbourne.

Salah satu alasan dibalik Operasi Babylift adalah untuk membawa bayi-bayi yang sakit keluar dari Vietnam. Saya merupakan satu dari 7 bayi yang diterbangkan dengan menggunakan pesawat terakhir yang mengangkut anak-anak dalam operasi itu keluar dari Saigon. Saya belum mendapat keluarga asuh hingga saya nyaris tiba di Melbourne.

Keluarga yang mengadopsi saya hanya punya waktu satu hari untuk mengemas tas mereka dan menjemput saya di Bandara Mt. Gambier, Australia Selatan dimana mereka harus menempuh perjalanan selama 6 jam.

Saya sudah pulang ke Vietnam sebanyak 4 kali dan setiap kunjungan kesana saya memaknai peristiwa pengadopsian saya dengan pandangan berbeda-beda.

Pada tahun 1999, merupakan perjalanan untuk mencari tahu mengenai Vietnam; tahun 2006 Saya menetap di Kota Ho Chi Minh City selama satu tahun dengan misi untuk tinggal, meresapi dan mengetahui banyak tentang sejarah kebudayaan Vietnam, dan berusaha mencari keluarga kandung Saya.

Pada tahun 2010, untuk pertama kalinya Saya datang bersama dengan anak-anak adopsi dari Vietnam lainnya. Dan tahun 2015 Saya kembali datang untuk menghadiri reuni anak-anak adopsi dan melakukan langkah kedua dalam upaya menemukan anggota keluarga saya dengan melakukan tes DNA.

Dominic Golding lahir di Vietnam kemudian diadopsi oleh warga Australia. Golding menceritakan kembali perjalanannya ke Vietnam baru-baru ini dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News