Perusahaan Sawit Diduga Serobot Lahan Wisata Alam

Perusahaan Sawit Diduga Serobot Lahan Wisata Alam
Perusahaan Sawit Diduga Serobot Lahan Wisata Alam
PONTIANAK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat mengindikasikan terjadi penyerobotan kawasan hutan konservasi di Taman Wisata Alam Melintang Sajingan Besar, Kabupaten Sambas oleh perusahaan perkebunan berskala nasional. Temuan tersebut masih terus diselidiki secara intensif.

 

“Sekitar 100 hektar lahan di kawasan tersebut sudah diserobot oleh perusahaan. Bahkan dari total wilayah yang diklaim itu sudah ditanami sawit, yang kini masuk ke umur enam bulan. Berdasarkan peta kawasan, terjadi penyerobotan,” kata Kepala BKSDA Kalbar, Djohan Utama Perbatasari di Pontianak.

Menurut dia, penyerobotan lahan diketahui ketika BKSDA melakukan ground check di lokasi TWA Melintang. Mendapati sebuah aktivitas di areal hutan konvservasi. Setelah ditelusuri ternyata kegiatan perusahaan sawit. Aktivitasnya terindikasi memasuki lahan konservasi.

Kendati demikian, Djohan masih enggan menyebutkan nama perusahaannya. Beralasan karena masih dalam penyidikan. Tetapi dia menjamin BKSDA tetap akan menegakkan aturan. Segera melakukan koordinasi dengan pihak kejaksaan. Untuk menindaklanjuti atas temuan di lapangan.

PONTIANAK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat mengindikasikan terjadi penyerobotan kawasan hutan konservasi di Taman Wisata Alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News