Pesan Menhan Saat Dialog dengan Atase Pertahanan Negara Sahabat

Pesan Menhan Saat Dialog dengan Atase Pertahanan Negara Sahabat
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kerja sama pertahanan dan Confidence Building Measures dengan negara sahabat, Kementerian Pertahanan RI mengadakan acara Coffee Morning. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya dengan Atase Pertahanan (Athan) negara-negara sahabat tersebut dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi sekaligus juga untuk menyampaikan kebijakan pemerintah RI di bidang pertahanan sepanjang tahun 2016.

Dalam acara yang mengambil tempat di kantor Kemhan Jakarta, Menhan Ryamizard Ryacudu melakukan interaksi secara langsung dengan Athan negara-negara sahabat yang merupakan perwakilan negaranya masing-masing di Indonesia, Kamis (21/1).

Acara tersebut juga dimanfaatkan Kemhan RI untuk memberikan perkembangan dan penjelasan tentang Buku Putih Pertahanan Indonesia termasuk diantaranya beberapa kebijakan di bidang pertahanan yang sering diperbincangkan secara luas seperti Minimum Essential Forces (MEF) maupun program Bela Negara.

Selain itu, disampaikan juga beberapa agenda kegiatan yang akan dilakukan sepanjang tahun 2016. Diantaranya Indo Defence 2016 dan Jakarta International Defence Dialogue (JIDD).

“Diharapkan para Athan dapat menyampaikannya kepada pemerintah masing-masing untuk dapat hadir dalam dua event strategis tersebut,” kata Menhan Ryamizard Ryacudu.

Dengan terlibatnya beberapa negara sahabat pada kegiatan tersebut, pemerintah Indonesia berharap akan terjadi peningkatan kerja sama pertahanan di masa yang akan datang terutama meningkatnya kontak personal dengan para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI.

Kegiatan yang melibatkan para Athan negara sahabat akan dilakukan secara berkelanjutan, seperti kegiatan Defence Atache Tour.

Defence Atache Tour dilakukan selain untuk meninjau beberapa wilayah di Indonesia, juga diselenggarakan untuk melakukan kunjungan ke industri-industri pertahanan strategis dalam negeri serta kunjungan kepada pejabat pemerintah daerah dan kantor wilayah pertahanan atau militer yang berada di wilayah yang dikunjungi. 

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kerja sama pertahanan dan Confidence Building Measures dengan negara sahabat, Kementerian Pertahanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News