Peserta Diksar UII Pasien JIH Rasakan Sakit di Ulu Hati

Peserta Diksar UII Pasien JIH Rasakan Sakit di Ulu Hati
Anggota Polres Karanganyar memberikan pengarahan kepada Mapala UII setelah kejadian dua mahasiswa meninggal, Jumat (20/1). Polres Karanganyar for Radar Solo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sembilan mahasiswa peserta The Great Camping (TGC) Pendidikan Dasar (Diksar) Mapala Universitas Islam Indonesia (UII) masih dirawat di RS JIH, Sleman, Yogyakarta. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan sakit pada bagian ulu hati.

Ketua Tim Medis yang menangani peserta TGC Mapala UII Moch Khalimur Rouf menjelaskan, peserta diksar mengeluhkan ulu hati mereka perih. Kondisi itu bisa disebabkan karena banyak hal. Dugaan awal karena konsumsi makan selama menjalani survival diksar.

”Itu kan di gunung. Bisa jadi ada kuman dan sebagainya. Kalau imunitas tidak baik bisa juga masuk,” kata Rouf seperti diberitakan Radar Jogja, Minggu (29/1).

Lebih lanjut Rouf mengatakan, sejumlah peserta diksar juga mengalami infeksi saluran kencing dan peradangan lambung. Penyebabnya bisa berbagai macam. Mulai dari benturan di perut, makanan hingga stres lambung.

Saat ini, pihak RS JIH telah melakukan penanganan untuk keluhan yang dirasakan peserta. ”Kami lakukan screening apakah karena pendarahan dalam atau stres,” katanya.

Rouf juga mengatakan, bisa jadi keluhan itu karena stres yang dialami peserta pasca-mengikuti kegiatan TGC. Guna menangani stres peserta diksar, RS JIH juga sudah menyiapkan psikolog yang akan menangani kejiwaan para peserta.

”Kecemasan-kecemasan ini yang akan ditangani oleh tim psikolog,” jelasnya.(bhn/ila/ong/jpg)


 Sembilan mahasiswa peserta The Great Camping (TGC) Pendidikan Dasar (Diksar) Mapala Universitas Islam Indonesia (UII) masih dirawat di


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News