Petani Semringah Pasar Lelang Holtikultura Diluncurkan

Petani Semringah Pasar Lelang Holtikultura Diluncurkan
Peluncuran pasar lelang holtikultura di Temanggung. Foto: Istimewa

jpnn.com, TEMANGGUNG - Di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, pengembangan pasar lelang hortikultura kini terus digiatkan. Pasar lelang di level farm-gate memberi jaminan kepastian pasar maupun stabilitas harga tingkat petani.

“Banyak sekali manfaat pasar lelang di farm-gate, yakni petani menikmati harga tertinggi, cash and carry, tercipta one region one price, stabilitas harga di farm-gate, memangkas rantai pasok, tata kelola efisien, transparan dan fair”, ungkap Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi, saat meresmikan pasar lelang sayuran di Temanggung, Rabu (23/5).

“Keberadaan pasar lelang di farm-gate, betul-betul memberi perlindungan harga bagi petani. Mereka menikmati manfaatnya. Membangun dan mengembangkan pasar lelang sayuran di farm-gate ini, menunjukkan pemerintah hadir di tengah-tengah petani," lanjut Suwandi.

Lebih lanjut Suwandi mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemda dan instansi terkait dalam mengembangkan pasar lelang tingkat petani.

"Kami mendorong agar tumbuh inisiatif para petani bersama pedagang membentuk pasar lelang. Kini sudah berjalan pasar lelang cabai di Sleman, Kulonprogo, Magelang, Karanganyar, Wonogiri, Banyuwangi, Kediri, Malang, Siborong-borong. Beberapa daerah dalam proses inisiasi seperti di Kabupaten Karo, Solok, Lampung Timur, Enrekang, dan lainnya," katanya.

“Perlu diingat bahwa pasar lelang ini bukan membangun fisik bangunan baru, bukan hard-sistem, tetapi yang dibangun adalah soft-sistemnya. Bagaimana mempertemukan antara sekelompok petani sebagai penjual dengan para pedagang sebagai pembeli yang berlangsung pola lelang," sambungnya.

Terkait lokasi lelah, bisa dilakukan di mana saja yang disepakati, misalnya di saung kelompoktani, balai pertemuan, warung, kios, di tempat yang sederhana saja.

Sarana yang dibutuhkan juga seadanya, seperti alat timbangan, papan dan alat tulis, sarana listrik dan lainnya. Lelang biasanya dilakukan sore atau petang saat hasil panen selesai diangkut ke tempat lelang.

Petani Temanggung semringah dengan hadirnya pasar lelang holtikulturan yang memberikan keuntungan lebih besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News