Rabu, 12 Desember 2018 – 07:26 WIB

Pidato Lengkap Pak Jokowi soal Game of Thrones di Acara IMF

Jumat, 12 Oktober 2018 – 19:54 WIB
Pidato Lengkap Pak Jokowi soal Game of Thrones di Acara IMF - JPNN.COM

jpnn.com, BADUNG - Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pembukaan pleno Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) & World Bank di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10) telah menyita perhatian publik. Tamsil tentang serial Game of Thrones yang dipakai Presiden Jokowi untuk menggambarkan ketidakpastian global saat ini menjadi viral.

Tagar #GamesOfThrones pun menjadi trending di Twitter. Pidato yang menukil kisah Game of Thrones untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya kebersamaan dan menghindari benturan itu pun mengundang standing ovation.

Berikut ini adalah pidato lengkap Presiden Jokowi dalam opening plenary Annual Meeting IMF & World Bank di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Badung;

Bismillahirrahmanirrahim, 
Assalamu’alaikumWarahmatullahiWabarakatuh, 
Om Swastyastu, 
Namo Buddhaya 

Bapak dan Ibu sekalian… 

Sepuluh tahun yang lalu, kita mengalami krisis finansial global. Berkat langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal yang luar biasa, yang membutuhkan keberanian politik yang besas, saudara-saudara para pembuat kebijakan telah menyelamatkan dunia dari depresi globa yang pada waktu itu sudah di depan mata.

Untuk itu, kami menyampaikan selamat atas kesuksesan saudara-saudara dalam mengatasi krisis finansial global tahun 2008. Setelah sepuluh tahun berlalu, kita tetap harus waspada terhadap meningkatnya risiko dan kesiapsiagaan kita dalam mengalami ketidakpastian global.

Seperti yang disampaikan Nyonya Lagarde (Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, red), terdapat banyak masalah yang membayangi perekonomian dunia. Amerika Serikat menikmati pertumbuhan yang pesat, namun di banyak negara terdapat pertumbuhan yang lemah atau tidak stabil.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar