Pilkada DKI, Cerdas Mencermati Hasil Survei

Pilkada DKI, Cerdas Mencermati Hasil Survei
Pilkada DKI, Cerdas Mencermati Hasil Survei. Foto JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemungutan suara Pilkada DKI Putaran II akan digelar Rabu, 19 April 2017. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono sudah menetapkan sebagai hari libur pada pelaksanaan pencoblosan.

Tinggal lima hari lagi, sejumlah lembaga Survei telah merilis prediksi dari dua pasang kandidat yang bertarung, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat nomor urut dua serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno nomor urut tiga.

Dari sejumlah lembaga yang merilis prediksi, ada Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Media Survei Nasional (Median), Polmark Indonesia, Sinergi Data Indonesia (SDI), dan Saiful Mujani Research Center (SMRC).

Menurut hasil survei LSI Denny JA, Anies-Sandi meraih elektabilitas 49,7 persen dibandingkan Ahok-Djarot yang hanya 40,5 persen. LSI Denny JA merilis survei terbaru, di mana Anies-Sandi unggul telak 51,4 persen dibandingkan Ahok-Djarot 42,7 persen.

Seperti halnya LSI Denny JA, Median juga dua kali merilis hasil surveinya. Rilis pertama, Median (6/3) Anies-Sandi 46,3% dan Ahok-Djarot 39,7%, sedang survei kedua (10/4) Anies-Sandi 49,8% dan Ahok-Djarot 43,5%.

Dua lembaga lainnya memenangkan Anies-Sandi dengan angka dukungan yang mirip. Rilis Polmark pada akhir Maret 2017, elektabilitas Anies-Sandi 49,1% dan Ahok Djarot 41,1%. Sedang survei SDI (3/4), Anies-Sandi meraih elektabilitas 49,20% dan Ahok-Djarot 42,20%.

Sedikit berbeda dengan SMRC (12/4), di mana Anies-Sandi hanya unggul tipis dengan elektabilitas 47,9% dibanding Ahok-Djarot sebesar 46,9%. Survei SMRC juga menunjukkan dalam sebulan dukungan terhadap Ahok-Djarot naik 3,1%, sedangkan Anies-Sandi turun 2,8%.

Hasil tersebut berbeda dengan LSI Denny JA dan Median, di mana baik Anies-Sandi maupun Ahok-Djarot sama-sama mengalami kenaikan. Kecenderungan masih mungkin berubah, karena masih ada undecided voters pada setiap hasil survei.

Pemungutan suara Pilkada DKI Putaran II akan digelar Rabu, 19 April 2017. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono sudah menetapkan sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News