Pilkada Medan: Cawalkot Ini Ingin Membangkitkan Perekonomian Umat Lewat Masjid

Pilkada Medan: Cawalkot Ini Ingin Membangkitkan Perekonomian Umat Lewat Masjid
Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution menyerahkan buku biografi berjudul 'Dua Dunia' kepada perwakilan ketua-ketua BKM se-Kota Medan. Foto: Ist for jpnn.com

jpnn.com, MEDAN - Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution berencana membangkitkan perekonomian umat melalui rumah ibadah.

Akhyar akan menjalankan program masjid sebagai pusat peradaban dan kebangkitan ekonomi umat, jika bersama pasangannya Salman Alfarisi terpilih nantinya.

Akhyar secara terbuka menyampaikan hal itu di hadapan puluhan nazir masjid yang hadir pada muzakarah pengurus BKM Masjid se-kota Medan bersama Aliansi Masyarakat Cinta Masjid (AMCM).

"Ini layak dilakukan dalam membantu jemaah yang kesulitan ekonomi. Di Medan ada 1200 masjid. Jika rata-rata memiliki saldo Rp 20 juta (tiap masjid) maka ada Rp 24 miliar potensi yang mengendap," ujar Akhyar dalam keterangannya, Senin (12/10).

Calon wali kota petahana itu kemudian memerinci program yang nantinya akan dikembangkan.

Yaitu, Pemko Medan akan bekerja sama dengan masjid. Baik dalam hal pendataan dan sebagainya untuk pengembangan keumatan, sehingga tak ada lagi umat yang kesulitan secara finansial.

"Misalnya, ada umat memiliki usaha, tetapi tak bisa berjualan karena sakit atau hal lain, mereka butuh modal, ini layak dibantu dari pengelolaan uang kas masjid," katanya.

Contoh lain, program ATM beras yang sudah ada dan baru berjalan di dua masjid di Kota Medan.

Akhyar punya program yang patut diacungi jempol jika nanti terpilih. Ia bersama pasangannya ingin membangkitkan perekonomian umat lewat masjid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News