Pimpin Pansus Kunjungi Kuruptor, Agun Sudarsa Tak Penuhi Panggilan KPK

Pimpin Pansus Kunjungi Kuruptor, Agun Sudarsa Tak Penuhi Panggilan KPK
Agun Gunandjar Sudarsa memberikan keterangn usai bersama Pansus Hak Angket KPK mengorek keterangan dari koruptor di Lapas Sukamiskin, Bandung. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Mantan Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa mangkir dari agenda pemeriksaan sebagai saksi korupsi e-KTP di KPK, Kamis (5/7). Politikus Golkar itu seharusnya digarap sebagai saksi untuk tersangka pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Agun yang kini menjadi Ketua Pansus Hak Angket KPK itu memimpin tim pansus menyambangi Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, untuk mengorek pengalaman koruptor yang pernah diproses di KPK.

Agun beralasan rapat pansus pada 3 Juli 2017 lalu sudah memutuskan bahwa dia memimpin tim pansus ke Sukamiskin. "Karena rapat diputuskan tanggal 3 lalu saya harus memimpin ke sini," kata Agun di Lapas Sukamiskin, Kamis (5/7) malam.

Agun mengklaim sudah mengirim surat pemberitahuan ke KPK pada 4 Juli 2017 untuk meminta penjadwalan ulang pemeriksaan sebagai saksi di lain waktu. "Saya mohon penjadwalan ulang karena saya tidak mungkin abaikan kewajiban saya (sebagai ketua pansus)," katanya.

Apakah proses hukum kasus e-KTP tidak penting dibanding pansus angket? "Itu penafsiran Anda," jawab Agun saat ditanya wartawan. Agun pun cuma senyum saat ditanya apakah keputusan melakukan kunjungan ke Lapas hari ini sengaja menghindari panggilan KPK.

Pansus KPK baru keluar sekitar pukul 19.00 WIB sejak masuk ke Lapas pukul 10.45. Terpantau yang keluar malam ini adalah Misbakhun, Masinton Pasaribu, Arteria Dahlan, Daeng Muhammad. Sebelumnya Wakil Ketua Pansus Dossy Iskandar sudah meninggalkan lapas sore hari. Tak lama kemudian, Dirjen Pas Kemenkumham Wayan Dusak meninggalkan Lapas.

"Alhamdulillah pada akhirnya kami dapat menuntaskan tugas dalam rangka menyelenggaakan kunjungan ke Lapas," kata Agun. (boy/jpnn)

 


Mantan Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa mangkir dari agenda pemeriksaan sebagai saksi korupsi e-KTP di KPK, Kamis (5/7). Politikus Golkar


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News