Please, Gunakanlah Jalur Alternatif saat Arus Balik

Please, Gunakanlah Jalur Alternatif saat Arus Balik
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Ade Komarudin menyarankan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memanfaatkan jalur alternatif saat arus balik nanti. Menurut dia, penggunaan jalur alternatif sangat penting untuk mengurangi beban di tol Cipali-Pejagan-Brebes Timur yang padat hingga menimbulkan kemacetan panjang.

Akom -sapaan Ade- mengatakan hal itu usai memantau arus mudik dari udara bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Agung Budi Maryoto, Senin (4/7). Politikus Partai Golkar itu mengatakan, mayoritas pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi beroda empat masih terpaku pada jalur Cipali-Pejagan-Brebes Timur.

Akibatnya, kemacetan pun tak terhindarkan karena terjadi penumpukan. "Karena semua orang berbondong-bondong ke sana dan akhirnya tumpuk di situ semua," katanya.

Sedangkan jalan alternatif seperti Pantura yang dulu menjadi jalur utama justru relatif lancar. Selain itu, ada pula jalur alternatif lainnya seperti jalur tengah yang melintasi Subang-Cikamurang-Majalengka yang juga tembus ke Cirebon.

"Kalau melihat itu (pantauan arus mudik yang macet) lebih bagus pergunakan jalan-jalan alternatif (ketika arus balik). Tidak hanya jalan tol yang dinikmati," cetusnya.

Ia menjelaskan, dulu titik macet ada di Cikopo karena terjadi penyempitan jalur. Tapi, kini hal yang biasa terjadi di Cikopo justru bergeser ke pintu keluar tol Brebes Timur alias Brexit.

“Sekarang di Cikopo enggak ada masalah. Jadinya pindah ke Brebes Timur," pungkasnya.(mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News