PLN Bakal Ekspor Listrik ke Malaysia

PLN Bakal Ekspor Listrik ke Malaysia
PLN Bakal Ekspor Listrik ke Malaysia

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di tahun 2017 berencana akan mengekspor listrik hingga 600 megawatt (MW) ke Malaysia. Listrik yang akan diekspor tersebut berasal dari pembangkit listrik yang akan dibangun di Sumatera.

"Jadi kita mau menghubungkan Dumai dengan Kota Malaka dengan kabel bawah laut, kemudian akan mentransfer listrik murah dari Riau ke Semenanjung Malaka yaitu 600 MW kita kirim ke Malaysia. Ditargetkan tahun 2017 mulai ekspor," ucap Direktur Utama PLN Nur Pamudji di Jakarta, Jumat (22/11).

Sejauh ini kata Nur, rencana untuk ekspor listrik ke Malaysia masih dalam tahap proses design. Nah untuk merealisasikan rencana itu, PLN bekerjasama dengan PT Tambang Batubara Bukit Asam, dan Tenaga Nasional Berhad (TNB/perusahaan listrik Malaysia) untuk membangun pembangkit listrik.

Selain ekspor, lanjut Nur, PLN juga akan mengimpor listrik dari Malaysia. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan listrik di Kalimantan Barat. Nantinya Malaysia akan mengalirkan listrik ke Kalimantan Barat melalui beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan total kapasitas mencapai 3.000 MW.

"Serawak kelebihan tenaga air, di sana ada tiga PLTA besar-besar total lebih dari 3.000 MW, sedangkan penduduk di sana kan jarang jadi tidak habis listrik sebanyak itu," tuturnya.

Di samping itu PLN juga tengah membangun pembangkit batubara (PLTU) di Kalimantan Barat. Namun karena kebutuhan listriknya masih kecil, maka kapasitas pembangkit hanya 50 MW. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di tahun 2017 berencana akan mengekspor listrik hingga 600 megawatt (MW) ke Malaysia. Listrik yang akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News