Polda Sumbar Tangkap Wanita Paruh Baya Perdagangkan Orang ke Malaysia

Polda Sumbar Tangkap Wanita Paruh Baya Perdagangkan Orang ke Malaysia
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar Kombes Pol. Andry Kurniawan bersama Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan saat jumpa pers di Padang, Selasa (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

jpnn.com, PADANG - Wanita paruh baya berinisial W memperdagangkan orang ke Malaysia sejak September 2022.

Pelaku warga Kinali, Pasaman Barat, Sumatera Barat telah memberangkatkan korban sebanyak sepuluh orang ke Malaysia.

"Sepuluh korban itu terdiri dari enam pria dan empat wanita. Mereka dijanjikan pekerjaan di Malaysia mulai sebagai pembantu rumah tangga, pekerja pabrik dan lainnya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar Kombes Andry Kurniawan di Padang, Selasa.

Dia mengatakan pelaku ini mencari pekerja di Padang Kadok Bandua Balai Nagari Kinali untuk dipekerjakan ke daerah Selangor, Malaysia.

Menurut dia, pelaku memiliki jaringan di Malaysia karena ayahnya merupakan warga Malaysia dan ibunya asal Pasaman Barat.

Pihaknya menduga pelaku ini memiliki jaringan di sana dan dia membawa korban dari Pasaman Barat ke Dumai dan diinapkan selama empat hari.

Kemudian seluruh korban dibawa ke Malaysia menggunakan kapal, pelaku dan seluruh korban berada di dua kapal berbeda.

"Ini tentu mencurigakan karena jika korban ini tertangkap maka pelaku akan bisa bebas. Jika sampai di lokasi maka pelaku ini lalu mencarikan pekerjaan di lokasi itu karena memang pelaku sudah kenal daerah tersebut," kata dia.

Pelaku memiliki jaringan di Malaysia karena ayahnya merupakan warga Malaysia dan ibunya asal Pasaman Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News