Potensi Ekonomi Daerah Dipetakan

Target Investasi Ratusan Triliun

Potensi Ekonomi Daerah Dipetakan
Potensi Ekonomi Daerah Dipetakan
JAKARTA -- Untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur dan menciptakan pemerataan perekonomian, pemerintah telah memetakan koridor ekonomi. Pemerintah yakin, ratusan triliun akan masuk dari investor berdasarkan koridor ekonomi yang ditetapkan pemerintah.

Kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/11), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemetaan koridor ekonomi disusun berdasarkan sumber daya alam (SDA) yang terkandung di suatu wilayah. Sasaran utamanya adalah peningkatan aktifitas ekonomi yang dipacu oleh kegiatan pengelolaan SDA yang maksimal di daerah itu.

‘’Ada enam koridor ekonomi yang kita tetapkan. Mulai dari Sumatera sampai Papua. Nanti kita carikan investor berdasarkan koridor ekonominya. Misalnya, jika ada batubara di Kalimantan Timur, maka batu bara itu jangan hanya meningkatkan jam kerja di Jawa atau di China. Batu bara di Kaltim, harus mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga working our (jam kerjanya) meningkat di daerah itu juga,’’ jelas Hatta. Dengan sistem ekonomi berdasarkan koridor sumber daya yang ada pada suatu daerah, maka kata Hatta memungkinkan pemerintah untuk membentuk kawasan ekonomi khusus. Nantinya akan ada pemerataan pembangunan, yang tidak lagi terpusat pada satu daerah saja.

‘’Proyek PPP (public private partnership) yang kita tawarkan nantinya, tidak hanya untuk satu koridor saja. Tapi untuk koridor yang ada. Misalnya, di Sumatera Jawa itu ada sekitar 44 proyek. 2014 target proyek yang selesai ada 14 proyek dan sisanya 30 proyek selesai di 2025. Proyeknya mulai dari Jembatan Selat Sunda sampai Pelabuhan Dumai,’’ ungkap Hatta.

JAKARTA -- Untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur dan menciptakan pemerataan perekonomian, pemerintah telah memetakan koridor ekonomi. Pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News