PPATK Tak Tahu Ada Biduan Terima Uang Akil

PPATK Tak Tahu Ada Biduan Terima Uang Akil
PPATK Tak Tahu Ada Biduan Terima Uang Akil

jpnn.com - JAKARTA - Nama sejumlah penyanyi dangdut seperti Iis Dahlia, Rya Fitria dana Evie Tamala turut disebut dalam catatan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebagai pihak yang ikut kecipratan aliran dana dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar. Aliran dana itu terkait upaya Akil mencalonkan diri pada Pemilukada Kalimantan Barat tahun 2007 silam.

Namun, PPATK tak tahu bahwa ada nama-nama biduan yang masuk dalam catatan transaksi keuangan Akil. Menurut Wakil Ketua PPATK, Agus Santoso, PPATK tidak mempersoalkan apabila ada nama artis di antara orang yang menerima uang dari Akil.

"Kalau soal artis, kami di PPATK tidak terlalu tahu karena kami tidak bedakan laki-laki atau perempuan. Biasanya mereka punya nama panggung dan di KTP. Di PPATK itu konsen nama di KTP dan rekening. Nanti dalam hal ini pihak penyidik yang akan melakukan verifikasi, apakah dia artis atau bukan. Kan yang muncul orangnya yang itu-itu juga," papar Agus di Jakarta, Rabu, (6/11).

Namun, Agus mengaku tak bisa menyebutkan jumlah dana yang diterima orang-orang dalam daftar transaksi Akil. Menurutnya, data yang diserahkan pada KPK bersifat rahasia, sehingga PPATK menyerahkan sepenuhnya pada lembaga antikorupsi itu untuk menelusuri lebih jauh.

"Nanti kalau ada artis yang punya manajemen, KPK yang klarifikasi. Karena kadang transaksinya  dengan manajemen artisnya," tandas Agus. (flo/jpnn)


JAKARTA - Nama sejumlah penyanyi dangdut seperti Iis Dahlia, Rya Fitria dana Evie Tamala turut disebut dalam catatan Pusat Pelaporan dan Analisis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News