PPP Sepakat Jalankan Pemilu yang Ramah Hak Asasi Manusia

PPP Sepakat Jalankan Pemilu yang Ramah Hak Asasi Manusia
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono saat hadir di deklarasi Pemilu Ramah HAM. Dok: DPP PPP.

jpnn.com, JAKARTA - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendeklarasikan Pemilu Ramah HAM, pada Minggu (11/6).

Mardiono mengatakan dengan adanya deklarasi itu menunjukkan bahwa demokrasi Indonesia makin tumbuh, berkembang, dan merakyat.

“Saya mengapresiasi Komnas HAM telah berpartisipasi aktif, dalam mendeklarasikan Pemilu Ramah HAM hari ini. Karena HAM merupakan bagian dari keadilan,” tutur Mardiono di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat.

Mardiono memaknai kebebasan HAM dengan menjaga perasaan dan menjaga hak orang lain termasuk dalam Pemilu mendatang.

“HAM harus dimaknai bahwa kebebasan bukan berarti bebas berbuat apa saja. Tetapi menjaga perasaan dan hak manusia satu dengan yang lain,” ujarnya.

Dalam deklarasi kali ini, Mardiono juga menandatangani isi dari deklarasi Pemilu Ramah HAM bersama dengan stakeholder lainnya.

Adapun isi dari deklarasi Pemilu Ramah HAM adalah menjamin pemenuhan hak pilih kelompok marginal-rentan, menjamin hak pemilu akses yang inklusif terhadap kelompok marginal-rentan.

Kemudian mewujudkan pemilu dan pilkada serentak 2024 yang bebas diskriminasi, nirkekerasan, dan adil.

PPP bersama sejumlah stakeholder lain sepakat untuk menjalankan pemilu yang ramah hak asasi manusia (HAM) pada tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News